Rabu, 15 November 2017

Taman Laut Bunaken (Surga Bawah Laut)

Sudah terbit di: https://steemit.com/indonesia/@puncakbukit/taman-laut-bunaken-surga-bawah-laut

Bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika laut indonesia menyimpan berbagai kekayaan biota laut yang layak untuk dinikmati baik wisatawan domestik maupun manca negara.

Salah satu nya adalah sebuah taman nasional yang mempunyai luas 75. 256 ha ini, yaitu, Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau di sekitarnya, yap, itulah Taman Laut Bunaken.

Jika berkunjung ke Manado rugi rasanya jika tidak mengunjungi taman laut yang satu ini. Karena taman laut ini merupakan salah satu yang terpopuler diantara yang lainnya. Berikut hal – hal unik yang terdapat di taman laut ini.


Gambar 1. Keindahan Taman Laut Bunaken

Segitiga emas
Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “segitiga emas”. Wilayah ini adalah jalur yang menghubungkan Laut Filipina, Laut Papua, dan Laut Indonesia. Karena kekayaan alam yang ada di Bunaken. Organisasi nasional dan internasional baik pemerintah maupun non pemerintah saling bekerja sama melakukan konservasi terumbu karang dan mangrove.

Di pulau bunaken lebih dari 3000- an spesies ikan. Spesies ikan yang umum dijumpai adalah warse, dansel, trigger, sweetip, unicorn dan sebagainya. Kedalaman lautnya sendiri mencapai 1.000 m. Pemerintah kota Manado mempunyai gagasan menjadikan Bunaken sebagai objek wisata bahari dan edukasi. Karena pemerintah setempat melihat aktivitas konservasi laut di wilayah ini. Maka dari itu, pada tahun 1991 silam menteri kelautan meresmikan kawasan pulau Bunaken sebagai taman laut nasional Bunaken.

Dua puluh dive spot
Aktivitas yang umum dilakukan pengunjung di sini adalah menyelam. Meski area ini memiliki luas 75. 265 ha, lokasi menyelam sangat terbatas, hanya berada di sekitar pantai yang mengintari kelima pulau yang berada di kawasan laut Taman Nasional Bunaken.

Di Bunaken terdapat 40 lokasi penyelaman yang kaya akan berbagai macam jenis terumbu karang dan ikan laut tropis yang indah. Wisatawan yang melakukan penyelaman di wilayah Bunaken akan disuguhi pemandangan berupa 150 spesies ikan dari 58 genus ikan dan terumbu karang.

Taman ini sendiri mempunyai 20 dive spot dengan kedalaman bervariasi. Dari 20 dive spot 12 diantaranya merupakan titik yang paling sering disinggahi pengunjung.

Titik menyelam di Bunaken berderet dari tenggara hingga barat laut. Di kawasan ini terdapat dinding berukuran raksasa berbentuk vertikal dan melengkung. Dinding ini merupakan sumber makanan hewan – hewan yang ada di laut.

Untuk yang takut menyelam ada beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini diantaranya menaiki katamar. Katamar sendiri adalah sebuah kapal berkaca yang disewakan lepas di sepanjang taman laut Bunaken. Kamu bisa mengarungi laut Bunaken menggunakan kendaraan ini.

Banyak tempat wisata di Indonesia yang menjanjikan pemandangan luar biasa indah bagi para penikmatnya. Jadi, tak perlu jauh – jauh ke negeri orang lain hanya untuk berjalan – jalan.

Oleh : Lintang Rahmawati
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Bunaken
Referensi gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Bunaken_Marine_Park.JPG


Related Posts :