Selasa, 15 Agustus 2017

Panorama Alam Danau Singkarak Sebagai Objek Wisatawan Nasional Dan Mancanegara

Danau yang berlokasi pada ketinggian sekitar 36,5 meter dari permukaan laut ini terletak di dua kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak berada pada kondisi geografis koordinat sekitar 0, 36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 100,3 Bujur Timur (BT) dengan ketinggian mencapai 363,5 meter di atas permukaan laut (mdpl). Luas permukaan air Danau Singkarak ini mencapai 11.200 ha dengan panjang maksimum sekitar 20 km dan lebar 6,5 km serta kedalaman 268 meter.

Danau ini sejak dulu terkenal memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 km dengan kondisi curah hujan sekitar 82 hingga 252 milimeter per bulan. Cara yang paling mudah untuk mencapai danau ini adalah menggunakan transportasi umum atau menyewa mobil pribadi.

Wisatawan yang berkunjung ke sini selain turis lokal juga banyak disukai oleh turis mancanegara yang biasa menikmati keindahan panorama alam dari danau pada beberapa titik, yaitu di Daerah Kenagarian Kacang, Paninggahan, Malalo dan Pitalah. Saat ini sebagian air danau dialirkan melalui terowongan, menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk tujuan menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Lake Balaton, Lake, Sunset
Gambar : Pemandangan matahari terbenam dari pinggir danau

Danau Singkarak yang eksotik ini merupakan sebuah danau kawah yang memiliki ukuran sangat besar yang diatur dalam lanskap vulkanik dramatis. Adalah tersebar di dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar, danau ini seluas 1000 hektare yang dikenal sebagai danau terbesar di Sumatera dan danau terluas kedua di pulau itu, setelah Danau Toba, di mana setiap pagi terpampang sebuah dunia baru yang tenang dan lukisan pemandangan alam cukup menakjubkan menanti anda.

Danau Singkarak terkenal dengan ikan liar yaitu ikan bilih yang merupakan spesies ikan langka yang hanya bisa hidup di danau ini. Ikan ini memiliki habitat hidup yang cukup unik yaitu tidak mampu bertahan hidup di perairan mana saja selain Danau Singkarak, bahkan di akuarium.

Aktivitas Yang Menarik Untuk Dilakukan
Jika pada suatu hari nanti anda berencana melakukan liburan ke danau ini, jangan lupa untuk membawa kamera yang berfungsi menangkap pemandangan alam danau yang sangat indah bisa anda lakukan dari berbagai sudut berdiri. Pandangan terbaik yang bisa anda jadikan sebagai objek fotografi adalah dari jalan utama Solok – Bukit tinggi kiri dan kanan, di mana pengunjung sering berhenti sekedar melepas lelah guna menikmati sajian khas setempat yang tersedia pada warung – warung tradisional sambil mengambil foto - foto pemandangan yang luar biasa menarik.

Lomba balap sepeda sering digelar di Singkarak karena keindahan daerahnya sangat tepat buat melakukan kegiatan ini dan cukup memukau serta mampu memikat hati para wisatawan nasional dan mancanegara. Tour bisa dilakukan sebagai salah satu event balap sepeda internasional , cukup menarik minat tim handal dari seluruh dunia yang datang ke Sumatera Barat untuk mengikuti pertandingan balap sepeda meskipun cukup melelahkan dilakukan oleh kelompok turis wanita yang biasanya suka melakukan kegiatan fotografi atau berburu wisata kuliner dan wisata belanja. Balapan dilakukan melalui daerah pinggir danau dengan pemandangan alam paling indah di waktu pagi hari selama enam hari di mana pengendara menyelesaikan tur di salah satu Danau Singkarak.

Melalui kegiatan ini diharapkan anda dapat menguji pengetahuan bahari dengan menjelajahi keindahan Danau Singkarak menggunakan perahu tradisional yang bisa anda sewa dari vendor di pinggir danau. Kegiatan lain yang cocok dilakukan oleh anak – anak adalah bersantai dengan berenang di perairan danau yang memiliki air cukup jernih dan hangat. Beberapa tempat cocok untuk melakukan kegiatan berenang seperti anda berenang di salah satu kolam paling indah di dunia.

Suvenir, Makanan Dan Minuman
Pada beberapa titik di sekitar danau, para pelancong bisa membeli souvenir yang erat kaitannya dengan Danau Singkarak yaitu berupa kerajinan yang mewakili budaya Suku Minangkabau. Atau cobalah untuk istirahat pada waktu siang hari dengan menikmati santap makan siang khas warga setempat yaitu ikan bilih bakar yang terkenal dengan rasa yang unik dan lezat. Ikan ini biasa disajikan dalam berbagai cara seperti digoreng atau dibakar lalu dibumbui dengan saos cabai pedas. Sajian sederhana ini selalu ada di masing – masing restoran di sekitar danau.

Penginapan Dan Akses Ke Lokasi
Tersedia banyak hotel di dekat Danau Singkarak yang berjejer rapi di sepanjang jalan utama Solok - Bukit tinggi dan di Kabupaten Tanah Datar. Kota Umbilin adalah sebuah kota kecil yang berlokasi di tepi danau yang menyediakan banyak koleksi hotel dan restoran yang menjadikan tempat ini terkenal nyaman untuk tinggal selama anda liburan. Terdapat penyewaan kapal boot untuk keliling danau juga kolam – kolam renang di pinggir danau dikelola oleh hotel adalah tempat yang baik untuk berenang dan santai serta hiking buat mendaki bukit kecil yang ada di sekitar danau.

Seperti dijelaskan di atas bahwa Danau Singkarak terletak 70 km dari Padang, 20 km dari Solok dan sekitar 36 km dari Bukit tinggi. Dari bandara internasional Minangkabau, anda bisa mengendarai mobil sewaan atau minibus umum plying Padang - Solok dan selanjutnya mengambil rute transportasi lain menuju ke danau. Perjalanan ini akan membawa anda melewati wilayah Laut Sitinjau yang terkenal indah dengan wisata alam tetapi memiliki tikungan tajam dan jurang yang curam.

Bagi anda yang berasal dari luar pulau, disarankan untuk menghabiskan liburan lebih dari satu malam buat menikmati beragam objek wisata yang ditawarkan oleh pengelola wisata Danau Singkarak.
Semoga bermanfaat !

Penulis: Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi gambar : https://pixabay.com/en/lake-balaton-lake-sunset-1201585/


Related Posts :