Kamis, 09 Februari 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.3]

3. Pantai Kukup

Pantai berikutnya yang akan kita bahas adalah pantai Kukup. Letak pantai ini masih sejalur dengan Pantai Baron, kedua pantai ini sebenarnya hanya dipisahkan tebing karang. Cuma untuk menuju pantai kukup dari Pantai Baron anda harus keluar area pantai,mengambil jalur kanan. Pantai Kukup berada tepat di sebelah timur Pantai Baron. Pantai kukup masih berada di desa yang sama dengan Pantai Baron, yaitu Desa Kemadang, Kecamatan Tajungsari, Kabupaten Gunungkidul.


Gambar 1. Keindahan Pantai Kukup

Pantai Kukup termasuk pantai yang banyak diminati wisatawan, baik dalam negeri ataupun luar negeri. Kelebihan Pantai Kukup terletak pada keindahan batu karang yang nampak di bibir pantai sampai menjorok ke arah laut lepas. Ini area favorit keluarga untuk bermain air, terutama bagi anda yang memiliki balita. Bermain air laut beralaskan batu karang yang dihiasi rumput laut ini cukup aman karena ombak besar tidak sampai ke tepian pantai, terhalang karang.

Ada keuntungan tersendiri bermain di tepian pantai ini, banyak ikan kecil, bintang laut, dan biota laut lainnya yang bisa anda temukan. Akan tetapi anda harus tetap waspada, karena di terumbu karang ini ada bulu babi atau landak laut, mereka bersembunyi di balik terumbu karang, jangan sampai anda terluka karenanya. Batu-batu karangnya juga bisa melukai anda jika anda tidak berhati-hati.


Gambar 2. Batu karang di tepian pantai


Gambar 3. Terumbu karang nan cantik di tepian Pantai Kukup

Hamparan pasir putih dan gugusan terumbu karang ini hanya salah satu daya pikat yang dimiliki Pantai Kukup. Ada satu spot lagi yang membuat Pantai Kukup ini terkenal, yaitu adanya sebuah pulau karang di sebelah timur pantai, menawarkan kemudahan untuk menikmati pemandangan keindahan laut lepas, dan bukit sekitaran pantai.Pulau karang ini tidak sulit untuk dijangkau, letaknya tidak terlalu jauh dari tebing utama. Sudah di sediakan jalan di sisi tebing utama dan jembatan untuk mengakses pulau ini. Di pulau karang berdiri sebuah bangunan yang digunakan untuk gardu pandang. Dari sanalah anda bisa menikmati pemandangan sekitaran pantai kukup tanpa terhalang apapun. Matahari terbenam juga nampak cantik dinikmati dari sini. Tempat ini adalah spot yang sangat menarik untuk megabadikan gambar. Jangan lupa berfoto bersama kecantikan alam Pantai Kukup.


Gambar 4. Pulau karang yang ada di Pantai Kukup

Untuk fasilitas umum, di Pantai Kukup ini sudah cukup lengkap. Mulai dari toilet umum, restoran, mushola, tempat parkir yang memadai, toko suvenir, bahkan bagi anda yang ingin menikmati suasana pantai lebih lama, sudah tersedia penginapan. Setelah dari Pantai Baron tidak ada salahnya kalau anda juga mengunjungi Pantai Kukup ini.

Oleh : Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.gedangsari.com/wp-content/uploads/2016/01/Pantai-Kukup-Gunungkidul-Ini-Dijuluki-Sebagai-Tanah-Lot-nya-Yogyakarta.png
2. http://piknikasik.com/wp-content/uploads/2015/12/pantai-kukup-gunungkidul-jogja.jpg
3. https://3.bp.blogspot.com/-AJR3qbQcZiw/VyA5i5vCLGI/AAAAAAAAAts/ScUhRUjpMsUrkrFo0oS42i-EQRC0vGqTQCLcB/s1600/bIog%2Bkukup%2B5.jpg
4. http://www.iftfishing.com/wp-content/uploads/2013/09/Pantai-Kukup-720x340.jpg


Related Posts :