Kamis, 16 Februari 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.4]

4. Pantai Krakal

Satu lagi pantai yang tidak kalah cantiknya di deretan Pantai Gunungkidul, Pantai Krakal. Pantai ini terletak di Desa Ngestiharjo, Tanjungsari, bersebelahan dengan Pantai Kukup, membutuhkan waktu tempuh 2 jam dari pusat kota Jogja. Tidak sulit untuk menemukan letak pantai ini, karena sudah banyak papan penunjuk arah di sepanjang perjalanan anda. Apa yang akan anda jumpai jika anda datang ke pantai ini? Hamparan pasir putih, laut biru dengan ombak besar dan Tepian pantai yang dihiasi terumbu karang, hampir sama dengan Pantai Kukup. Anda bisa bermain di bibir pantai, temukan biota laut kecil yang menggemaskan, berbagai jenis ikan hias yang memiliki warna tubuh yang memukau, bintang laut, siput laut, dan satu yang harus anda waspadai, landak laut.


Gambar 1. Pantai Krakal

Keunggulan lain dari Pantai Krakal adalah ombaknya yang besar, ini menjadi kelebihan yang sangat dibanggakan. Banyak peselancar yang tertantang untuk menaklukkan ganasnya ombak di pantai ini. Untuk yang berminat surfing di pantai ini, disarankan membawa peralatan surfing sendiri, karena di tempat ini belum ada yang menyewakan alatnya. Anda juga harus ekstra waspada berselancar di sini, karena batu karang di dasar lautnya sangat tajam. Di kawasan pantai ini juga ada batu karang besar yang bisa anda daki, temukan pemandangan yang menarik dari atas bukit karang. Spot ini sering dimanfaatkan untuk memancing, atau hanya sekedar berfoto saja.


Gambar 2. Bermain air di bibir pantai

5. Pantai Sundak

Pantai Sundak ini terletak di wilayah Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Tepus Gunungkidul. Pantai Sundak memang masih sepi, masih belum begitu terkenal. Untuk fasilitas juga tidak selengkap Pantai Baron, Krakal dan Kukup. Di sini belum ada penginapan, yang menginap di pantai ini biasanya mereka yang mendirikan tenda sendiri di tepi pantai. Kalau untuk tempat makan, anda tidak perlu khawatir, ada beberapa rumah makan yang menjual aneka olahan seafood.


Gambar 3. Indahnya Pantai Sundak dengan birunya laut

Walaupun masih tergolong sepi, Pantai Sundak ini tidak kalah indahnya dengan deretan pantai lain yang ada di Gunungkidul. Laut biru, deburan ombak, dan suasana tenang yang disuguhkan membuat pikiran tenteram, cukup ampuh untuk memghilangkan penat. Anda bisa bermain air di tepian pantai atau sekedar duduk santai di salah satu gubuk yang disewakan warga sekitar. Suasana ketika matahari terbit di sini juga tidak kalah cantik, tidak akan rugi jika anda bermalam untuk menanti momen ini.


Gambar 4. Keindahan matahari terbit yang ditawarkan Pantai Sundak

Konon ceritanya dahulu kala pantai ini dihuni oleh asu ( anjing dalam bahasa jawa) dan landak. Pada suatu hari, terjadi perkelahian hebat antara dua penghuni ini yang mengakibatkan si landak mati. Maka dinamakanlah Pantai Sundak, asu dan landak.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2014/04/Pantai-Krakal.jpg
2. https://1.bp.blogspot.com/-ZzeH8VLtAu8/VwoLBj2f2eI/AAAAAAAABLA/-QBJLv9z_BkqpKlIBrLOxZP4ACGsME77Q/s1600/Batu+karang+pantai+krakal.jpg
3. http://blog.reservasi.com/wp-content/uploads/2016/09/Langit-biru-di-Pantai-Sundak-Yogyakarta.jpg
4. http://static.initempatwisata.com/mediafiles/2015/04/Matahari-terbit-di-Pantai-Sundak-Gunungkidul.jpg


Related Posts :