Selasa, 07 Februari 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.1]

Melakukan kunjungan wisata ke Yogyakarta memang merupakan perjalanan yang sangat menarik. Banyak sekali tempat wisata yang bisa di kunjungi untuk melepas penat. Ada kebun binatang Gembira Loka , Candi Prambanan, Museum Jogja Kembali, Jogja Bay Water Park, dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, yang paling terkenal adalah wisata belanjanya di Malioboro.

Sisi lain dari Yogyakarta yang saat ini sedang naik daun adalah wisata pantainya. Banyak netizen yang mengunggah foto keindahan pantai-pantai yang terletak di pesisir selatan Yogyakarta, Gunungkidul. Ini memberikan keuntungan tersendiri bagi warga sekitar dan dinas pariwisata Gunungkidul. Dengan semakin terkenalnya beberapa pantai di Gunungkidul maka jumlah pengunjung otomatis mengalami peningkatan.

Banyak sekali pantai yang bisa anda kunjungi di wilayah Gunungkidul ini. Dalam satu perjalanan anda bisa mengunjugi lebih dari satu pantai, karena letak pantai yang berdekatan. Selain memberikan kepuasan tersendiri ini juga menjadi nilai tambah, karena lumayan menghemat waktu. Keindahan pantai di Gunungkidul ini akan kita ulas satu per satu. Kita akan mulai dengan Pantai Siung.

1. Pantai Siung

Pantai siung ini masuk di wilayah Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Keistimewaan yang dimiliki Pantai Siung ini terletak pada batu karang yang berukuran ekstra besar. Surga bagi pencinta panjat tebing, terdapat beberapa jalur panjat tebing yang menantang untung ditaklukkan. Karena tebingnya yang menakjubkan tempat ini pernah menjadi penyelenggara Asean Climbing Gathering pada tahun 2005, yang diikuti oleh pemanjat dari 6 negara yaitu Indonesia, Perancis, Jerman, Filipina, Malaysia, Singapura.


Gambar 1. Pantai Siung

Di luar tebing yang istimewa, pemandangan yang dimiliki Pantai Siung tidak kalah menariknya. Pantai Siung ini terkenal akan keindahan matahari terbit dan matahari tenggelamnya.Pantai yang bersih, pasir putih, dan laut biru menjadi satu paduan yang serasi, menciptakan keasrian yang menentramkan. Mungkin karena tempat ini belum begitu terkenal jadi kebersihannya masih terjaga, belum terlalu banyak pengunjung. Anda bisa menikmati pemandangan ini sambil mendirikan tenda di tepian pantai. Bermain air di bibir pantai juga bisa anda lakukan. Riuhnya suara ombak kecil menambah syahdunya suasana.


Gambar 2. Panjat tebing di Pantai Siung

Untuk menuju tempat ini mau tak mau anda harus menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang bisa anda tumpangi untuk menuju tempat ini. Jika anda tidak ada kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir, anda bisa menyewa mobil atau sepeda motor. Di pusat kota Yogyakarta sudah banyak sekali tempat penyewaan mobil dan motor yang bisa anda sewa. Bahkan saat ini sudah banyak agen travel wisata yang menawarkan perjalanan ke pantai di daerah Gunungkidul.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2015/06/Kabur-sejenak-ke-Pantai-Siung-akan-meredakan-stres-Anda.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-IQDg-nPd2Kg/VvJy1X-hsSI/AAAAAAAADG8/pQto7POpujA5u8dFVvewzPqRepsr4Hgvw/s1600/tebing%2Bpantai%2Bsiung.JPG


Related Posts :