Rabu, 21 September 2016

Menikmati Keindahan Desa Kalibiru di Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Pernah melihat foto papan kayu di atas pohon pinus yang berhadapan langsung dengan waduk? Ya, itulah Desa Kalibiru, sebuah desa wisata di Kulon Progo, Yogyakarta yang sedang naik daun. Foto-foto cantik di papan kayu pohon pinus dengan latar belakang Waduk Sermo yang indah mengundang rasa penasaran para pelancong untuk mendatangi desa yang terletak di Perbukitan Menoreh tersebut.


Gambar 1. Rute menuju lokasi Wisata Alam Kalibiru

Sejarah
Sebelum mempesona seperti sekarang, Kalibiru sempat tandus oleh maraknya aksi pembalakan hutan. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghijaukan desa hingga Kalibiru kembali mempesona. Selain menjadi sumber kesegaran, Kalibiru saat ini juga menjadi sumber penghidupan sejak dibuka secara swadaya pada tahun 2008. Keseriusan penduduk untuk membentuk Desa Wisata Kalibiru terlihat dari adanya jalan setapak, cottage, pendopo, arena flying fox, dan kios oleh-oleh.

Aktivitas Seru
Jika anda berjiwa petualang, anda harus mencoba aktivitas trekking ditemani pepohonan Kalibiru yang rimbun. Apalagi saat hari sudah semakin sore, pemandangan senja pun menjadi target utama sesampainya di titik akhir. Ada beragam jalur tempuh trekking, mulai dari 1,5 KM, 3 KM, 5 KM, hingga 7 KM. Jika anda memilih jalur tempuh terpanjang, anda bisa menyaksikan keindahan Waduk Sermo dari dekat.

Selama trekking melewati jalan setapak, anda akan bertemu hewan-hewan langka seperti celeng, landak, ayam alas, Elang Jawa, Harimau Jawa, bahkan Harimau Kumbang. Setelah melewati deretan pohon rindang tersebut, anda akan menemukan sebuah pohon pinus yang sangat tinggi, yang di atasnya terdapat papan atau biasa disebut menara pandang. Ya, itulah pohon pinus yang sering anda lihat di foto-foto para pelancong. Bisa dikatakan menara pandang ini menjadi ikon wisata Kalibiru yang paling mudah diingat.


Gambar 2. Pemandangan Kalibiru, Waduk Sermo, dan Gunung Merapi

Naiklah ke atas dan lihatlah betapa eloknya Perbukitan Menoreh. Saat cuaca cerah, bukan hanya Waduk Sermo yang terlihat, tapi juga Gunung Merapi dan ombak pantai selatan. Posisinya yang berada di perbukitan membuat udara Desa Kalibiru bersih dan sejuk. Jangan beranjak sebelum anda melihat warna langit berubah dari biru menjadi lembayung. Suasana yang awalnya terang berubah menjadi melankolis. Di situlah anda bisa mensyukuri mahakarya Sang Pencipta yang begitu indah.

Selain trekking dan bersantai di atas pohon pinus, cobalah bermain Flying Fox. Bergelantungan di atas areal yang indah tentu sangat menyenangkan. Bila ada waktu, sempatkanlah untuk menikmati Waduk Sermo dengan menyewa perahu. Ritual menunggu senja di telaga yang tenang ini menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Waduk Sermo.

Masyarakat Kalibiru
Tidak hanya menawarkan bentang alam yang indah, Desa Kalibiru juga menawarkan kondisi sosial budaya yang menarik untuk diperhatikan. Masyarakat Kalibiru dikenal ramah, santun, suka bergotong-royong dan tetap melestarikan keragaman seni budaya tradisional hingga saat ini. Seperti dikatakan sebelumnya, masyarakat Kalibiru bergotong-royong membangun kembali desa yang sempat tandus dengan tetap menjaga lingkungan. Hal itu bisa dilihat dari infrastruktur bangunan Kalibiru yang menggunakan bambu dan kayu.

Fasilitas
Desa Wisata Kalibiru menghadirkan sejumlah fasilitas seperti joglo, pondok wisata, rumah makan, gardu pandang, area outbond, masjid, penginapan, bahkan perpustakaan. Jika ingin lebih puas lagi, anda bisa mengambil paket wisata alam, pedesaan, keluarga, dan juga budaya.

Lokasi
Untuk sampai ke Desa Wisata Kalibiru, anda bisa memulai perjalanan dari Kota Jogja menuju Jalan Raya Wates. Setibanya di Kota Wates, ikuti petunjuk menuju Waduk Sermo dan Kalibiru. Dalam perjalanan menuju Kalibiru, anda akan disuguhi jalan yang penuh tanjakan. Jadi berhati-hatilah saat melewati rute ini dan pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima.

Oleh: Rahel Simbolon

Sumber:
1. http://wisata-kulonprogo.blogspot.co.id/2014/08/wisata-alam-kalibiru-kulon-progo-diy.html
2. https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/nature-and-outdoor/kalibiru/
Gambar:
1. http://3.bp.blogspot.com/-dlDOHHBu3D0/VFgYa1ruk6I/AAAAAAAACx8/AbGOI3rzZbM/s1600/wisata-alam-kalibiru-2.jpg
2. http://rentalmobilyogyamurah.com/wp-content/uploads/2015/09/senja-kalibiru.jpg


Related Posts :