Senin, 06 Juni 2016

Menikmati Suasana ala Film Twilight di Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Anda yang sudah menonton film Twilight tentu sadar betapa indahnya landscape yang disajikan film romantis tersebut. Salah satu landscape yang paling diingat adalah sebuah hutan yang dipenuhi pepohonan tinggi, yang terlihat sangat indah dan terasa sejuk. Jika anda ingin merasakan suasana ala Twilight, anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Mengapa? Karena di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta, anda bisa merasakan suasana ala Twilight di Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan merupakan bagian dari hutan di kawasan Resort Pengelolaan Hutan. Di sini, anda akan menemukan banyak sekali tanaman Pinus Merkusii. Lokasinya yang searah dengan lokasi situs makam Raja-Raja Imogiri membuat hutan ini sering disebut Hutan Pinus Imogiri, meski sebenarnya lokasi hutan ini bukan di kawasan Imogiri. Selain pinus, hutan ini juga dipenuhi oleh mahoni, akasia, kayu putih, dan kemiri.


Gambar 1. Hutan Pinus Mangunan

Saat ini kawasan Hutan Pinus Mangunan tidak hanya berfungsi sebagai hutan lindung. Tapi juga sebagai tempat wisata. Ada berbagai fasilitas wisata yang dapat anda nikmati seperti gardu pandang untuk melihat bentang alam dari atas, panggung pertunjukan, kamar mandi, mushola, dan sejumlah warung sederhana. Tidak hanya menawarkan suasana hutan yang asri, hutan ini juga menawarkan sumber mata air Bengkuang. Masyarakat setempat meyakini sumber mata air ini sebagai lokasi pertapaan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Untuk mencapai lokasi ini, anda bisa menggunakan sepeda motor, sepeda, ataupun berjalan kaki dari tempat parkir menuju hutan yang rapat dengan mengikuti jalur outbond Watu Abang.

Saat anda menjejakkan kaki di hutan ini, anda akan melihat sinar matahari yang mengintip di sela-sela batang pinus. Sementara sebagian besar tanah tertutupi oleh daun pinus kering yang membuatnya bak permadani. Gemerisik daun dan ranting seolah menjadi simfoni alam yang memunculkan rasa tenang dan membuang rasa penat. Bicara tentang pohon pinus, sebenarnya ada filosofi menarik yang diyakini orang Korea. Mereka percaya bahwa pohon pinus dengan batang tegak lurus merupakan lambang cinta yang lurus. Sementara daun pinus yang selalu hijau merupakan lambang cinta yang tidak pernah berakhir.

Adapun suasana Hutan Pinus Mangunan selalu disamakan dengan hutan di Forks yang kemudian membuat hutan ini memiliki daya tarik tersendiri. Ada banyak penggila selfie yang gemar berpose di ayunan ataupun di batang-batang pinus yang telah diubah menjadi bangku-bangku sederhana. Selain penggila selfie, para penggiat fotografi juga gemar berburu foto di sini. Bahkan sejumlah calon pengantin kerap melakukan foto pre-wedding di hutan ini. Dengan view deretan pinus, sinar matahari yang muncul di sela-selanya, dan suasana yang tenang, foto pre-wedding memang akan terlihat sangat indah dan worth it.


Gambar 2. Panggung Terbuka di Hutan Pinus Mangunan

Lokasi Hutan Pinus Mangunan berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan. Untuk sampai ke tempat ini, anda harus mengikuti rute Kota Jogja menuju Jalan Imogiri Timur kemudian ke Imogiri. Setibanya di pertigaan Imogiri, belok kiri ke arah Situs Makam Raja-Raja Imogiri. Di pertigaan, belok kanan menuju Mangunan. Di pertigaan Mangunan, belok kiri menuju Hutan Pinus Mangunan. Dikarenakan belum adanya angkutan umum menuju Hutan Pinus Mangunan, anda harus menyiapkan kendaraan pribadi. Perlu diperhatikan, selama berada di dalam hutan pinus ini, anda tidak boleh sembarang membuang punting rokok. Bahkan sebaiknya anda tidak merokok di dalam hutan guna menghindari kebakaran hutan. Jangan lupa membuang sampah pada tempatnya demi menjaga kelestarian alamnya. Untuk masuk ke Hutan Pinus Mangunan, anda tidak perlu membayar tiket masuk, cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Tunggu apa lagi? Ayo ke Hutan Pinus Mangunan dan rasakanlah suasana ala film Twilight.

Oleh : Rahel Simbolon

Referensi:
https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/nature-and-outdoor/mangunan-pine-forest/
https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-travel-guide/12-free-attractions-in-jogja/photo-gallery/2/
http://www.wisataku.id/wisata/wisata-indonesia/hutan-pinus-mangunan-wisata-alam-ala-film-twilight-di-jogja/

Referensi gambar:
1. http://www.wisataku.id/wp-content/uploads/2015/12/Hutan-Pinus-Mangunan.jpg
2. http://phinemo.com/wp-content/uploads/2016/05/hutan-pinus-imogiri.jpg


Related Posts :