Rabu, 21 Januari 2015

Pesona Sungai Mahakam

Sungai Mahakam adalah sungai terpanjang dan terbesar di Kalimantan Timur. Sungai Mahakam terletak di sepanjang Kutai Barat, Kutai Kartanegara, hingga Samarinda. Sungai Mahakam memiliki keunikan tersendiri karena sungai tersebut adalah sungai air tawar. Di sana hidup ikan pesut mahakam yang menjadi ciri khas dari kota Samarinda. Sekarang air Sungai Mahakam terlihat keruh jika datang ke sana tetapi itu tidak menghilangkan pesona dari sungai mahakam. Biasanya masyarakat Samarinda menggunakan air dari sungai mahakam yang kemudian dialiri ke rumah-rumah warga.

Di Sungai Mahakam bisa digunakan sebagai sarana transportasi. Kita dapat menggunakan ketinting, perahu motor, dan kapal untuk sarana transportasi. Biasanya Sungai Mahakam digunakan untuk pengangkutan barang dari pulau ke pulau. Sungai Mahakam terhubung dengan daerah-daerah yang lainnya. Biasanya barang barang tersebut dikirim untuk diperdagangkan. Kita dapat melihat kapal-kapal berlalu lalang di Sungai Mahakam. Selain itu, biasanya nelayan sering mengambil hasil tangkapan ikan di hulu Sungai Mahakam. Kita tidak boleh memancing di sana, karena hanya khusus nelayan supaya ikan-ikan tersebut dapat dilindungi. Ikan yang hidup di Sungai Mahakam seperti pesut mahakam dan ikan pari tawar namun ikan tersebut hampir punah.


Gambar 1. Sungai Mahakam

Kita bisa menikmati makanan sambil melihat kendaraan berlalu lalang di pinggir Sungai Mahakam. Biasanya banyak penjual makanan yang menjajakan menu dagangannya dengan gerobak atau dengan mobil. Di sana menjual makanan seperti ronde, jagung bakar, atau makanan lainnya yang menjadi ciri khas kota Samarinda. Tempat ini sangat cocok sekali bagi yang suka nongkrong di outdoor dan mencari suasana baru. Selain menjual makanan, di tempat tersebut tersedia tempat bermain untuk anak anak. Daerah pinggir Sungai Mahakam didesain semenarik mungkin sehingga terbentuk taman yang indah. Biasanya sering diadakan pasar malam di tempat tersebut. Daerah pinggir Sungai Mahakam sangat luas sehingga sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.


Gambar 2. Pinggir Sungai Mahakam

Sungai Mahakam digunakan sebagai jalur penghubung antara Samarinda dengan Samarinda seberang melalui Jembatan Mahakam. Saat kita melewati Jembatan Mahakam, kita melihat berbagai kendaraan memadati Jembatan tersebut karena Jembatan tersebut adalah jalan akses ke Samarinda. Jembatan tersebut sudah dibangun dari dulu dan sudah sangat lama sekali tetapi Jembatan tersebut masih kokoh dan sudah beberapa kali direnovasi. Dari Jembatan Mahakam kita bisa melihat Sungai Mahakam yang terbentang luas sehingga Sungai Mahakam mendapatkan julukan sebagai sungai terpanjang di Kalimantan Timur.


Gambar 3. Jembatan Mahakam

Sungai Mahakam adalah salah satu keindahan yang dimiliki oleh Indonesia. Banyak habitat yang hidup di Sungai Mahakam, jadi kita tidak boleh merusaknya. Sungai Mahakam memiliki potensi yang sangat besar sekali bagi Indonesia. Sangat disayangkan sekali, sungai tersebut dibiarkan begitu saja. Sebenarnya masih banyak lagi potensi yang dihasilkan oleh Sungai Mahakam tersebut, tetapi kita harus bisa merawatnya dan menjaganya.

Oleh : Jenny
Referensi:
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sungai_Mahakam

Gambar:
1. http://4.bp.blogspot.com/-43b7fSFQKBk/T47DYyWO8bI/AAAAAAAAADw/Ql33St8x_EM/s280/untitled.JPG
2. http://i48.servimg.com/u/f48/12/68/15/05/img_2215.jpg
3. https://fachrezakbar.files.wordpress.com/2008/10/img_0053.jpg


Related Posts :