Selasa, 20 Januari 2015

Menikmati Keindahan Pantai Pasir Panjang Singkawang

Pernahkah anda mengunjungi kota Singkawang yang terkenal dengan nama kota seribu kelenteng? Kalau anda pernah mengunjungi kota tersebut, tentunya anda tidak akan melewatkan salah satu destinasi favorit para wisatawan yaitu pantai pasir panjang. Mengapa dinamakan pantai pasir panjang? Pantai pasir panjang merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan pasir putihnya sekaligus panjangnya yang sekitar 3 km.

Keistimewaan Pantai Pasir Panjang

Bagi anda yang sudah pernah mengunjungi pantai ini, tentunya anda sudah tahu bagaimana indahnya panorama yang disajikan di pantai ini. Pengunjung dapat menikmati keindahan laut biru yang membentang luas di pantai ini ditemani dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang begitu menyejukkan. Pulau Lemukutan, pulau Kabung, dan pulau Randayan yang berada di kejauhan pantai ini juga ikut berperan dalam menghiasi pantai pasir panjang ini. Pantai-pantai tersebut berbatasan dengan perairan laut Natuna. Dan juga, pengunjung juga akan dibuat terpesona dengan pemandangan matahari terbenam di pantai ini.

Tidak hanya keindahan alam yang disajikan di pantai ini, namun berbagai macam fasilitas juga ikut mendukung untuk membuat para pengunjung ingin berlama-lama di tempat ini. Fasilitas-fasilitas yang disajikan seperti sarana untuk bermain. Jika pengunjung dapat membawa sarana bermain sendiri, itu tidak dilarang. Kebanyakan para pengunjung biasanya membawa bola sepak atau bola voli sendiri untuk bermain di sekitar hamparan pasir yang luas di pantai ini. Tetapi sarana bermain yang ditawarkan tentu dapat membuat hati para pengunjung tergiur untuk mencobanya. Di antaranya ada banana boat, track/sirkuit untuk olahraga bermotor, olahraga jet ski, sepeda air, gokart, darmoling, dan lain-lain.


Gambar 1. Pantai Pasir Panjang Singkawang

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar pantai dikarenakan berbagai urusan, dapat menginap di motel yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Biasanya juga ada pengunjung yang sengaja menginap di motel dikarenakan pada keesokan harinya, mereka ingin melihat panorama matahari terbit yang luar biasa di sekitar pantai.

Bagi anak-anak yang belum terlalu bisa berenang, telah tersedia kolam renang. Kolam renang tersebut memang dikhususkan bagi yang tidak bisa/tidak ingin berenang di laut biru di pantai ini.

Selain itu, juga tersedia tempat pemancingan dengan harga sewa pancingan yang tidak terlalu mahal. Dapat dikatakan harganya cukup bersahabat dengan kantong para pengunjung. Dan juga tersedia tempat-tempat hiburan seperti diskotek di sekitar pantai. Pengunjung juga tidak akan kesulitan mencari makanan-makanan untuk mengisi perut di sekitar pantai. Telah tersedia berbagai pondok makanan dan restoran. Pengunjung biasanya bersantai di dalam pondok sambil menikmati suasana terbenamnya matahari di pantai ini.

Lalu, bagaimana dengan harga yang harus dibayar untuk masuk ke lokasi pantai ini? Tenang saja, semua keindahan-keindahan di atas dapat dinikmati oleh para pengunjung hanya dengan Rp. 5000,00 per orang. Harga tersebut merupakan harga tiket masuk ke pantai pasir panjang ini.

Akses ke Lokasi

Pantai pasir panjang di kota Singkawang cukup mudah dijangkau oleh para pengunjung. Cukup hanya dengan menaiki minibus atau taksi untuk pergi ke pantai pasir panjang yang jaraknya sekitar 17 km dari kota Singkawang.

Oleh : Stevanus
Sumber:
http://www.indonesia.travel/id/destination/579/pantai-pasir-panjang
http://www.wisatamelayu.com/id/object.php?a=SGdQL1BYWC9P=&nav=geo
http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Pasir_Panjang

Sumber Gambar:
1. http://irhamtaro.files.wordpress.com/2011/01/img_2385.jpg


Related Posts :