Kamis, 27 November 2014

Pesona Kota Minyak

Kota Balikpapan adalah salah satu kota yang memiliki pesona tersendiri. Kota Balikpapan terletak di provinsi Kalimantan Timur. Yang menjadi salah satu daya tarik kota Balikpapan adalah kota minyak. Balikpapan terkenal sebagai kota minyak sehingga tidak salah kita melihat di salah satu jalan di Balikpapan dipenuhi kilang minyak. Hampir separuh jalan itu dipenuhi kilang minyak dan sebagiannya lagi hutan. Jalan tersebut sering disebut jalan minyak karena di jalan tersebut banyak pemukiman orang yang bekerja di Pertamina jadi tidak heran kita melihat banyak rumah dinas untuk pegawai yang bekerja di Pertamina. Di bawah ini adalah gambar kilang minyak yang terletak di dekat pinggir jalan di Balikpapan.

Di sekitar jalan di gambar di bawah sangat wajib dikunjungi jika berada di Balikpapan. Biasanya jalan ini juga digunakan sebagai jalan alternatif dan ada angkutan umum atau yang sering disebut angkot. Berikut beberapa alasan kenapa kita wajib melalui jalan ini jika berada di Balikpapan:


Gambar 1. Kilang minyak

1. Udara yang sangat sejuk karena dikelilingi hutan dan pohon

Jika kita berjalan terus, maka akan terlihat hutan yang dipenuhi pohon-pohon yang rindang di pinggir jalan seperti gambar di bawah. Hutan tersebut adalah hutan liar yang ada di jalan minyak. Setiap kita melewati jalan tersebut, kita dapat menikmati udara yang segar karena jalan tersebut jarang dilewati kendaraan. Jalan minyak sangat cocok sekali untuk dijadikan tempat untuk bersepeda atau jogging dan sangat jauh sekali dari keramaian.


Gambar 2. Suasana pohon pinggir jalan

2. Melihat binatang yang hidup di hutan

Karena di jalan minyak banyak hutan liar, jadi setiap kita melewati jalan itu, selalu ada hewan liar seperti kera seperti gambar di bawah. Selain kera, pernah ada masyarakat yang pernah melihat ular di sekitar pohon. Hutan di sekitar jalan minyak kebanyakan adalah hutan liar jadi sebaiknya kita tidak sembarangan masuk ke sana. Kita tidak bisa melihat kera atau hewan setiap waktu karena mereka akan keluar saat mereka sedang mencari makan.


Gambar 3. Binatang hutan

3. Memiliki pemandangan yang indah

Di sekitar jalan minyak, kita akan melihat banyak sekali kilang minyak yang berada di pinggir jalan, apalagi Jika kita berada saat malam hari, kita akan melihat pemandangan yang indah dari kilang minyak. Gemerlap lampu jalan menghiasi kilang minyak sehingga kita bisa menikmati indahnya kota Balikpapan. Jika kita ingin mencari pemandangan yang indah saat jogging atau bersepeda, tidak ada salahnya jika kita melalui jalan minyak. Jika selama di Balikpapan, ingin mencari lokasi yang kaya akan penghijauan, di sinilah tempatnya karena jalan ini satu-satunya jalan yang dikelilingi oleh hutan dan pohon-pohon yang rindang.


Gambar 4. Kilang minyak di malam hari

Dengan melihat banyak sekali kilang minyak di kota Balikpapan, kita dapat bangga bahwa di Indonesia ini masih ada kota yang kaya akan minyak. Kita harus bangga dan harus bisa melestarikannya jangan sampai sumber daya yang diberikan Tuhan kepada kita habis begitu saja.

Oleh : Jenny
Gambar:
1. http://cloudnum7.files.wordpress.com/2012/04/dsc00593.jpg
2. http://subhanfarizi.files.wordpress.com/2010/02/jln-minyak2.jpg
3. http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=523536&page=22
4. http://www.pergidulu.com/wp-content/uploads/2012/07/Melihat-kawasan-kilang-minyak-Pertamina-gd2.jpg


Related Posts :