Rabu, 15 Oktober 2014

Makan Hemat di Angkringan Jogja Istimewa

Siapa yang tidak suka makanan murah nan lezat. Semua orang pasti suka. Sayangnya, di era seperti sekarang ini, makanan murah nan lezat itu sulit ditemukan. Sekalipun ada makanan murah, sering rasanya tidak sesuai keinginan kita. Namun jika anda ke Jogja, anda akan menemukan makanan-makanan murah nan lezat itu. Di mana? Tentu saja di angkringan. Jogja sangat terkenal dengan angkringannya, bukan hanya harga murah yang ditawarkan dari tiap makanannya, tapi juga kelezatan makanan dan suasana hangat yang terasa. Di angkringan-lah,perbedaan kasta tidak akan terlihat. Di sana semua orang sama, makan dengan menggunakan tangan ataupun duduk lesehan, yang penting makan kenyang, hati senang. Berikut 5 angkringan yang bisa anda temukan di Jogja:

  1. Angkringan Lek Man

    Nama angkringan satu ini sudah sangat terkenal seantero Jogja. Kopi Jos, itulah minuman unggulannya. Kopi Jos disajikan dalam keadaan panas dengan arang yang merah menyala. Arang pada kopi ini dipercaya mampu menetralisir kafein sehingga kafein pada Kopi Jos lebih rendah dibanding kopi-kopi umumnya. Satu gelas Kopi Jos dihargai Rp 3000. Sementara menu makanan pada angkringan ini tidak jauh beda dari angkringan lainnya, yaitu nasi kucing, sate telur puyuh, aneka gorengan, sate usus, dan sebagainya. Letak Angkringan Lek Man yang berdekatan dengan Stasiun Tugu membuat angkringan ini banyak dikunjungi wisatawan dari luar Jogja.


    1. Kopi Jos Disajikan dengan Arang

  2. Angkringan KR

    Angkringan ini merupakan salah satu yang teramai di Kota Jogja, terlebih bila weekend tiba. Dibanding angkringan lainnya, menu makanan angkringan ini jauh lebih banyak. Nasi kucingnya memiliki beberapa macam, ada nasi sambal teri, nasi rica ayam, nasi oseng tempe, nasi uduk spesial, nasi telor, nasi bebek, nasi goreng lombok ijo, nasi bumbu bali, dan nasi kornet ayam. Masing-masing harga makanan ini berkisar Rp 3000-Rp 3500 saja. Selain gorengan, ada juga sate keong, sate usus, dan sate telur puyuh. Sebagai makanan penutup, bisa juga mencicipi es susu tape ijo. Dengan menempati teras sebuah kantor , angkringan ini memiliki areal yang luas, pengunjung pun bisa memilih untuk makan di kursi gerobak, kursi taman, ataupun lesehan di teras.


    2. Angkringan KR

  3. Angkringan Lek Adi

    Dari segi tempat, angkringan ini tidak seperti angkringan lainnya yang menggunakan gerobak. Angkringan ini lebih menyerupai warung makan. Hanya saja, menu makanannya memang khas angkringan. Di sini pengunjung bisa menemukan nasi kucing, nasi bakar, gorengan, aneka sate, tongseng keong dan wedang. Angkringan yang berlokasi di Kotagede ini sering dijadikan tempat berburu lauk saat malam hari. Bagi beberapa pengunjung, menu spesial dari angkringan ini adalah nasi bakar dan wedang asemnya yang terasa kecut namun segar.


    3. Angkringan Lek Adi

  4. Angkringan Wilijan

    Angkringan yang berlokasi di Jalan Wilijan ini menyediakan menu makanan yang beragam. Selain menu khas angkringan seperti nasi kucing, aneka gorengan dan sate, angkringan Wilijan juga menyediakan tempura, nugget, telur dadar dan ceplok, ayam goreng, pecel, oseng usus, dan terong balado. Rasa sate usus angkringan ini berbeda dari sate usus angkringan lainnya yang manis. Sate usus angkringan Wilijan terasa gurih dan cenderung pedas. Keunikan lain dari angkringan ini ialah penyajian teh gula batu. Pengunjung akan mendapatkan satu penyaring teh, satu gelas berisikan gula batu, dan satu gelas berisikan rendaman daun teh dalam air panas.


    4. Teh Gula Batu


Oleh : Rahel Simbolon
Gambar:
1. http://www.yukpegi.com/indonesia/jawa-tengah/yogyakarta/menikmati-malam-di-angkringan-lik-man-yogyakarta/
2. http://www.satyawinnie.com/2014/07/nangkring-di-angkringan-kr-yogyakarta.html
3. http://perjalanangibraltar.blogspot.com/2013/04/angkringan-nganggo-suwe.html
4. http://heiupit.wordpress.com/2014/09/22/jalan-jajan-di-jogja/


Related Posts :