Rabu, 01 November 2017

Kawasan Wisata Alam Di Tirta Gangga, Karangasem

Sudah terbit di: https://steemit.com/indonesia/@puncakbukit/kawasan-wisata-alam-di-tirta-gangga-karangasem

Taman Tirta Gangga merupakan kawasan wisata taman air yang dikelola oleh keluarga kerajaan Karangasem. Lokasinya berada di daerah pedesaan yang masih sepi dari hunian warga setempat di tengah area sawah yang dikelilingi oleh perbukitan hijau di sepanjang tahun sehingga pemandangannya sangat indah dan damai untuk melakukan wisata spiritual seperti yoga. Lokasi taman ini terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali (yaitu Jalan Raya menuju Abang–Amlapura).

Untuk mengakses lokasi ini bagi turis asing yang baru pertama kali berkunjung ke Karangasem, sangatlah mudah, karena tempatnya berada tepat di pinggir jalan raya besar menuju Abang-Amlapura dan sudah ada banyak plang petunjuk arah. Dari Kota Denpasar anda membutuhkan jarak tempuh sekitar 83 km dan jika dari Kota Amlapura (adalah ibukota Kabupaten Karangasem) memerlukan jarak tempuh sekitar 6 km. Jika melalui Jalan Raya By Pass Prof. Ida Bangus Mantra maka untuk menuju ke kawasan objek wisata Taman Tirta Gangga ini anda harus melalui beberapa objek wisata lainnya seperti: Pantai Purnama, Pantai Keramas, Taman Safari, Pantai Lebih, Goa Lawah, Pantai Candi Dasa, Bukit Asah, dan Pantai Virgin. Di mana sebelum mencapai tempat wisata air Taman Tirta Gangga ini anda bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa objek wisata lainnya sehingga perjalanan menjadi tidak membosankan dan sangat menyenangkan karena melalui beberapa objek wisata lainnya.

Bali, Tirtaganga, Travel, Water Palace, Holiday
Gambar : suasana tenang di salah satu sudut taman kawasan wisata alam Tirta Gangga di Karangasem

Tirta Gangga adalah sebuah taman air yang sangat besar berlokasi di Kabupaten Karangasem di sebelah timur dari Pulau Bali atau dengan 2 jam berkendaraan mobil dari arah Kota Denpasar. Taman air Tirta Gangga dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem di mana saat itu yaitu Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung mendapatkan inspirasi untuk membangun sebuah taman rekreasi sebagai tempat bersantai dengan anggota kerajaan. Taman air ini di bangun sebagai tempat persinggahan sekaligus rekreasi untuk anggota keluarga kerajaan dan tamu-tamu negara yang berkunjung ke Pulau Bali kala itu untuk selanjutnya karena perkembangan zaman di bidang pariwisata, kawasan wisata ini dibuka untuk umum dan wisatawan asing.

Adapun makna dari Tirta Gangga adalah tirta yang berarti air suci dan gangga merujuk kepada sungai paling disucikan di India oleh umat Hindu di dunia. Tentu nama ini bukanlah hanya sebutan belaka saja karena air di kawasan wisata Tirta Gangga dikenal sangat jernih karena berasal dari mata air langsung di daerah pegunungan. Dengan tetap mengaplikasikan sistem pengairan yang kuno namun efektif bagi warga setempat maka air bersih selanjutnya akan mengairi sawah/ladang pertanian di desa ini.

Pertama kali anda memasuki kompleks Tirta Gangga, anda akan disambut oleh beberapa patung khas warga Bali sebagai pertanda selamat datang. Terdapat sebuah kolam berukuran besar dengan dikelilingi oleh berbagai patung di pinggir dan di tengahnya di mana anda bisa berjalan–jalan santai menuju ke pusat kolam tersebut yang tersedia jalan setapak yang bisa anda lalui.

Taman air adalah sebuah kompleks dengan berbagai kolam seperti kolam ikan koi jumbo, kolam teratai, dan kolam renang. Taman air ini memiliki 3 kolam utama dengan sebuah tugu air mancur khas arsitektur kuno bangunan Bali yang indah di tengahnya, taman air ini mampu menyajikan tatanan keindahan taman air khas warga Bali yang sederhana.

Memang sengaja dibangun di sebuah desa sunyi di dekat Gunung Agung sebagai salah satu gunung tertinggi dan paling disucikan oleh umat Hindu di Bali, berlatar belakang panorama alam yang asri dan sejuk adalah memperkuat kesan alami yang menjadikan kawasan wisata ini sebagai tujuan utama tempat wisata alam di Bali yang menonjolkan kehidupan warga Bali zaman dulu yang sebagian besar adalah berprofesi sebagai nelayan dan petani. Pada sudut lain kawasan wisata ini terdapat sebuah kolam renang untuk anak–anak di mana ini adalah salah satu daya tarik lain dari taman air ini karena banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang sengaja datang ke tempat ini bersama anak–anak untuk berenang.

Anda tidak perlu merasa khawatir dengan kualitas air di kolam renang ini karena meskipun agak dalam tetapi sangat jernih bahkan anda bisa meminumnya secara langsung dari salah satu mata air di pinggir kolam renang karena air di sini rata–rata datang dari sumber mata air di kaki gunung yang kemudian terus mengalir ke kolam atau sawah dan ladang di sekitarnya. Kolam renang di sini terbilang berukuran besar, jadi anda tetap bisa melakukan rekreasi walaupun sedang musim liburan di mana kawasan wisata ini banyak pengunjung. Selamat berlibur, semoga anda berminat!

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi gambar:
https://pixabay.com/en/bali-tirtaganga-travel-water-palace-301461/


Related Posts :