Selasa, 24 Oktober 2017

Pasar Tradisional Seni Di Sukawati Gianyar Bali

Sudah terbit di: https://steemit.com/indonesia/@puncakbukit/pasar-tradisional-seni-di-sukawati-gianyar-bali

Pasar Seni Sukawati telah lama berdiri namun pada tahun 1980 barulah pasar ini dikenal oleh turis asing karena menjual dan memasarkan produk–produk kerajinan tangan sebagai oleh–oleh yang menjadi ciri khas dari warga Bali. Hingga saat ini, Pasar Seni Sukawati masih menjadi salah satu pilihan utama destinasi wisata belanja yang mampu menarik minat para pengunjung untuk mampir ke dalamnya buat belanja oleh–oleh khas warga Bali yang dikenal unik dan etnis.

Ini adalah salah satu pasar seni yang terpopuler di Bali, Pasar Seni Sukawati. Pasar seni ini merupakan pasar seni tradisional terbesar, terlengkap dan terpopuler yang berada di Bali. Sebagian besar para wisatawan yang berlibur ke Bali akan meluangkan sedikit waktu dan menyempatkan diri untuk mengunjungi pasar seni ini yang terkenal karena menjual ragam suvenir menarik seperti pakaian tradisional khas Bali berupa kebaya modern dengan harga yang terjangkau. Sehingga bagi anda yang berniat berlibur ke Bali dan ingin membawa oleh-oleh istimewa dari Bali kepada keluarga di rumah, maka pasar inilah merupakan salah satu tempat yang cocok untuk mendapatkannya.

Indonesia, Bali, Market, Bananas, Klungkung, Woman
Gambar : salah satu sudut dari pasar tradisional seni di Sukawati yang terlihat sangat tradisional, menjual kebutuhan hidup sehari–hari selain benda–benda seni di dalamnya yang pas dijadikan sebagai oleh–oleh menarik

Lokasi Pasar Seni Sukawati
Pasar Seni ini berlokasi di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar, jarak dari bandara sekitar 30 km yang dapat anda tempuh dengan mengendarai mobil selama 45 menit. Pasar ini mudah ditemukan karena posisinya yang sangat strategis di pinggir jalan raya utama yang merupakan satu–satunya jalan akses Denpasar-Gianyar. Untuk jam buka, Pasar Seni Sukawati mulai beroperasional sekitar pukul 6 pagi sampai dengan jam 6 sore, setiap hari. Pasar ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, selalu ada saja turis asing bahkan selebritis mancanegara yang datang bermaksud melihat–lihat benda seni yang dijual dan beberapa diantaranya ada yang membeli dalam jumlah besar. Pasar Seni ini terdiri dari 3 tempat yang berbeda yakni Pasar Sukawati satu, dua, dan tiga. Ketiga tempat ini terletak saling berdampingan, dan yang paling ramai dikunjungi adalah Pasar Seni Sukawati satu, terutama oleh kelompok pelajar di seluruh Indonesia.

Cara Menuju Ke Pasar Seni Sukawati
Anda bisa memanfaatkan jasa sewa mobil dengan sopir dan seorang pemandu wisata untuk mengunjungi pasar ini karena lokasi pasar sangat mudah dicapai yang berada di pinggir jalan raya dan bisa dicapai oleh kendaraan umum. Berbeda dengan pasar-pasar lainnya, ada nilai lebih terselip di dalamnya, sehingga terlihat unik dan sangat tradisional yaitu banyaknya penjual yang menjual dagangan yang sama dan toko–toko saling berjejeran. Harga yang mereka tawarkan pun berbeda-beda, meskipun barangnya sama. Maka dari itu, anda harus meningkatkan skill dalam menawar barang di Pasar Sukawati Bali ini.

Pasar Sukawati Bali Sebagai Pusat Oleh – Oleh
Pasar Sukawati adalah pasar seni yang menjual ragam barang dan aksesori yang letaknya di Kabupaten Gianyar, Bali. Anda bisa mendapatkan barang-barang, mulai dari baju batik khas ornamen Bali, lukisan-lukisan, aksesori khas Bali, sarung Bali dan yang lainnya. Perlu diperhatikan, bagi anda yang ingin berbelanja di Pasar Seni Sukawati, ada baiknya untuk datang pada pagi hari, karena suasana pasar masih cukup sepi, sehingga anda bisa dengan leluasa untuk membeli barang yang dimaksudkan dan penjualnya akan lebih intensif dan ramah melayani anda. Selain itu, menurut kepercayaan warga Bali, jika tokonya baru dibuka tetapi sudah ada yang membeli, maka diyakini tokonya akan laris sepanjang hari sehingga anda akan diberikan harga murah. Jangan lupa tanyakan terlebih dulu kualitas dari barang yang tersedia, barulah anda bisa menentukan harga kira-kira berapa seharusnya. Mulailah menawar dengan separuh harga (umumnya harga pas di Pasar Sukawati adalah sepertiga hingga setengah harga) yang ditawarkan oleh penjualnya. Tawarlah dengan ramah dan sopan, apabila penjual tidak mau maka anda bisa mulai membandingkan benda yang dimaksud dengan harga di tempat lain yang mungkin lebih murah atau cari di toko lain saja, syukur-syukur ada penjual yang berbaik hati memberi anda harga yang murah dengan kualitas barang terjamin.

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan : https://pixabay.com/en/indonesia-bali-market-bananas-570657/


Related Posts :