Senin, 11 September 2017

Indahnya Langit Malam di Pulau Tabunan

Sudah terbit di: https://steemit.com/indonesia/@puncakbukit/indahnya-langit-malam-di-pulau-tabunan

Pulau Tabunan merupakan pulau kecil yang merupakan bagian dari Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Melalui Pulau Tabunan kamu bisa melihat Bali karena letak pulau ini berada di tengah antara Pulau Jawa dan Bali. Untuk mencapai Pulau ini kamu bisa menyeberang dari Banyuwangi melalui Pantai Bansring dengan membayar Rp 25.000/ orang. Selain itu kamu dapat menyewa peralatan snorkeling dan pelampung. Pulau Tabunan merupakan tempat yang sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati alam dan indahnya laut. Pulau ini cocok dijadikan untuk tempat berkemah, snorkeling dan berenang di laut.

C:\by NUSA\DSC03537.JPG
Gambar 1. Pulau Tabunan

Keadaan lautnya cukup bersih, namun keadaan sekitar pantai cukup kotor karena banyak sampah yang terbawa arus ombak dan sampah dari warung sekitar. Pemilik warung di pulau ini adalah masyarakat Banyuwangi, di mana mereka setiap harinya menyeberang sambil membawa makanan dan minuman. Jadi jika sore hari pulau ini ditinggalkan begitu saja. Jika malam maka pulau ini sangatlah sepi dan hanya sedikit diterangi dari cahaya mercusuar yang merupakan satu-satunya bangunan tinggi yang ada di pulau tersebut.

Ketika mendirikan tenda harus memperhatikan lokasi pulau ini karena angin yang berhembus cukup kencang sehingga sewaktu-waktu dapat merobohkan tenda tersebut. Oleh karena itu lebih baik mendirikan tenda dekat dari warung yang ditinggalkan pemiliknya karena daerahnya cukup datar, terlindungi dari angin yang kencang karena dikelilingi tanaman yang tumbuh di pulau tersebut.

C:\by NUSA\DSC03064.JPG
Gambar 2. Keadaan tenda yang didirikan di Pulau Tabunan

Suasana malam yang sepi dari keramaian kota di pulau ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin menikmati kesunyian di alam, selain itu langit pada malam hari di pulau sangat indah dengan taburan bintang-bintang yang terlihat jelas tanpa bantuan cahaya. Namun jika ingin mengabadikan momen ini dengan lebih baik, maka kamu bisa menggunakan kamera dengan kemampuan yang mumpuni, karena jika melalui kamera hp hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan.

Sekitar pukul 05.00 kamu berjalan sekitar 200m ke arah barat dari posisi tenda dan tidak lama menunggu kamu akan menikmati indahnya pemandangan “sunrise” di Pulau Tabunan. Jika ingin berenang dengan bebas maka dapat dilakukan dekat dengan bibir pantai, namun jika ingin snorkeling maka kamu harus ke tengah laut dengan jarak kira-kira 1 km dari bibir pantai. Di laut dapat dilihat beberapa batas yang sengaja dipasang oleh masyarakat sekitar sebagai penanda batas aman laut untuk berenang. Ketika sampai di lokasi snorkeling kamu akan melihat ragam biota laut dan hewan yang hidup di area tersebut. Hanya saja dikarenakan nelayan sekitar Banyuwangi menangkap ikan dengan bom maka ekosistem lautnya menjadi rusak parah sehingga yang tersisa hanya karang yang mati dan sedikit ikan yang hidup di area tersebut.

Secara umum wisata di Pulau Tabunan sangatlah berkesan, apalagi jika berkemah di Pulau tersebut. Namun, jika hanya ingin menikmati indahnya laut saja maka dapat dipastikan kamu akan kecewa. Semoga pemerintah dan masyarakat Banyuwangi semakin sadar untuk melindungi lingkungan sekitar Pulau Tabunan demi kelestarian sehingga dapat kelak dapat dinikmati oleh generasi berikutnya.

C:\by NUSA\DSC03163.JPG
Gambar 3. Sunrise di Pulau Tabunan

Oleh: Ahmad Azhari Pohan
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. Milik Pribadi
2. Milik Pribadi
3. Milik Pribadi


Related Posts :