Rabu, 02 Agustus 2017

Hutan Monyet Di Bali

Salah satu destinasi wisata di Bali yang cukup terkenal adalah hutan monyet di Ubud Bali atau yang lebih dikenal dengan Mandala Wisata Wenara Wana. Siapa yang tidak mengenal tempat wisata tersebut. Mandala Wisata Wenara Wana memiliki ribuan monyet yang dibudidayakan. Hanya tempat tersebut pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan berbagai jenis monyet.

Tempat wisata tersebut berhasil menarik minat banyak wisatawan untuk datang dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak semua wisatawan yang datang ke sana berasal dari Bali sehingga masih banyak orang dari berbagi daerah yang membutuhkan beberapa informasi lebih lengkap mengenai tempat wisata tersebut.

Hutan monyet memiliki luas sekitar 27 hektare dan berisi setidaknya 115 spesies pohon yang berbeda. Monyet yang dibudidayakan terdiri jenis kera ekor panjang dan terbagi dalam 5 kelompok. Monyet-monyet tersebut dipisahkan supaya tidak menyerang satu sama lain. Ada sekitar tiga ratus hingga empat ratus monyet yang dilindungi.


Gambar 1. Jenis Kera Ekor Panjang Yang Ada Di Mandala Wisata Wenara Wana

Di sana pengunjung akan disediakan pendamping yang akan memandu melihat berbagai aktifitas yang dilakukan oleh monyet-monyet tersebut. Hal tersebut bertujuan menghindari hal yang tidak diinginkan seperti monyet merasa terganggu dengan hadirnya pengunjung atau menghindari dari tindakan usil para pengunjung kepada monyet tersebut. Pengunjung bisa sekalian memberikan makanan kepada monyet tersebut dengan didampingi para pemandu yang ada di sana.

Pengunjung akan dapat menemukan beberapa pura di sekitarnya. Pura tersebut bernama Candi Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Prajapati, dan Pura Beji. Pura tersebut tidak terbuka untuk umum dan hanya khusus bagi orang yang ingin bersembayang. Oleh karena itu, diharapkan para pengunjung bisa menjaga kesucian tempat wisata tersebut. Lokasi pura tersebut berada di desa Padangtegal dan dikelola oleh orang desa setempat.


Gambar 2. Candi Pura Dalem Agung Padangtegal

Lokasi tempat wisata tersebut tidak terlalu jauh. Untuk menuju tempat wisata ini bisa menggunakan akomodasi umum atau kendaraan pribadi. Tempat wisata tersebut berjarak sekitar 30 km dari Denpasar. Mandala Wisata Wenara Wana berada di Jalan Wenara Wana Desa Padangtegal, Ubud-Gianyar. Untuk mencapai ke sana memerlukan waktu sekitar 1 jam dari daerah Kuta dan bandara.

Untuk dapat melihat monyet-monyet di tempat tersebut pengunjung dikenakan tarif tiket masuk. Harga orang dewasa 40.000/orang dan anak-anak 30.000/orang. Untuk usia 12 tahun ke atas sudah dikenakan tarif orang dewasa. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Dengan adanya informasi tersebut dapat memberikan gambaran kepada setiap orang bahwa Mandala Wisata Wenara Wana adalah tempat wisata yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi yang ada di Indonesia, tepatnya di Bali. Bagi siapa saja yang ingin bepergian ke tempat wisata tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak dan bisa langsung datang ke sana.

Oleh: Jenny
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar:
1. http://4.bp.blogspot.com/-DCJf7kDoQfU/VR0VSD7SdkI/AAAAAAAABWk/McPUwxziQTc/s1600/monkey%2Bforest%2Bubud1.jpg
2. https://id.indonesian-stuff.barlians.com/wp-content/uploads/2012/08/800px-Pura_Dalem_Agung_Padantegal_200507.jpg

Referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mandala_Wisata_Wenara_Wana


Related Posts :