Selasa, 25 Juli 2017

Mengenal Jembatan Tajuk Canopy Bridge

Bukit Bangkirai adalah salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Kalimantan Timur tepatnya di kecamatan Samboja. Bukit Bangkirai terdiri dari hutan hujan tropis sehingga dapat menemukan banyak pohon jenis bangkirai. Wisata alam ini didominasi oleh pohon jenis bangkirai yang kebanyakan berumur lebih dari 150 tahun dengan ketinggian mencapai 40 hingga 50 m, dengan diameter 2,3 m.

Salah satu tempat yang sering didatangi di Bukit Bangkirai adalah Canopy Bridge. Canopy Bridge adalah jembatan tajuk dengan ketinggian 30 meter dan dihubungkan oleh beberapa pohon bangkirai. Dari jembatan tersebut pengunjung dapat menyaksikan keindahan hutan yang begitu luas dan keseluruhannya dipenuhi oleh pohon jenis bangkirai.


Gambar 1. Tangga Menuju Canopy Bridge

Untuk bisa mencapai Canopy Bridge, pengunjung harus melalui dua menara dari kayu ulin yang dibuat mengelilingi batang pohon bangkirai. Dari atas menara pengunjung bisa bersantai di atas hammock yang telah disediakan untuk pengunjung. Dari atas menara akan terlihat pemandangan hutan hujan tropis yang masih alami dan ketinggiannya memacu adrenalin pengunjung.


Gambar 2. Menelusuri Canopy Bridge

Panjang dari Canopy Bridge adalah 64 meter yang menghubungkan 5 pohon bangkirai. Pengunjung bisa melintasi jembatan tersebut dan akan memacu adrenalin pengunjung yang takut pada ketinggian. Kebanyakan pengunjung yang datang ke Bukit Bangkirai tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melewati Canopy Bridge. Untuk menyusuri Canopy Bridge bisa dilalui oleh banyak orang karena jembatannya kokoh sehingga pengunjung tidak perlu takut jembatannya akan rubuh.

Para pengunjung yang ingin bermalam tidak perlu khawatir karena terdapat penginapan berupa cottage dengan fasilitas AC maupun jugle cabin. Jugle cabin tidak dilengkapi listrik sehingga pengunjung bisa merasakan suasana hutan yang sebenarnya. Untuk segi keamanannya tidak perlu khawatir karena tempat tersebut aman dari binatang buas atau berbahaya sehingga pengunjung tidak perlu takut untuk bermalam di sana.

Wisata alam Bukit Bangkirai terletak sekitar 150 km dari kota Tenggarong atau Samarinda dan hanya sekitar 58 km dari arah kota Balikpapan serta 20 km dari ibu kota Kecamatan Samboja. Untuk mencapai kawasan wisata alam ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Akses jalan menuju tempat wisata ini terbilang cukup bagus.

Untuk mengunjungi tempat wisata tersebut dikenakan tarif. Untuk memasuki kawasan ini dikenakan tarif 3500/orang untuk orang dewasa dan 1500/orang untuk anak-anak. Sedangkan untuk menaiki Canopy Bridge dikenakan tarif 20.000/orang. Biaya parkir untuk roda empat 5000 sedangkan roda dua 3000.

Canopy Bridge begitu terkenal di Kalimantan Timur karena jembatan tersebut mampu memacu adrenalin pengunjung. Selain itu, pengunjung akan terkagum dengan keindahan alam yang disuguhkan dari atas Canopy Bridge. Tidak salah untuk mengatakan Bukit Bangkirai adalah tempat wisata alam yang masih alami.

Oleh: Rahel Simbolon
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar:
1. http://2.bp.blogspot.com/-U-ywrAxTdSc/UV5OrXOlcbI/AAAAAAAAAwU/FaCKvJFknLM/s1600/289070_10150310895087521_2791410_o.jpg
2. http://beritadaerah.co.id/wp-content/uploads/2014/08/Canopy-Bridge-Kawasan-Wisata-Bangkirai-Balikpapan-Kaltim-200814-YM-1.jpg


Related Posts :