Senin, 29 Mei 2017

Pesona Keindahan Puncak Lawang Sumatera Barat (Bagian 1)

Jika suatu saat berkesempatan travelling ke Sumatera Barat, destinasi wisata mana yang ingin kamu kunjungi? Lobang Jepang, Jam Gadang, Pantai Padang ataukah Danau Maninjau? Ya, Sumatera Barat memang kaya dengan destinasi-destinasi wisata menarik. Sebagian besar diantaranya adalah destinasi wisata alam yang elok dan memikat. Sumatera Barat tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan danaunya. Tapi, Sumatera Barat juga memiliki destinasi wisata daerah puncak yang menawan. Salah satunya adalah wisata alam Puncak Lawang.

Apa Itu Puncak Lawang?


Gambar 1. Welcome To Puncak Lawang

Pernah mendengar destinasi wisata Puncak Lawang? Puncak Lawang adalah salah satu destinasi wisata dataran tinggi yang terletak di Kecamatan Matur Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lebih kurang 22 kilometer dari Pusat Kota Bukit Tinggi jika melewati jalan pintas Ngarai Sianok.

Puncak Lawang merupakan daerah perbukitan yang ditumbuhi oleh barisan pohon pinus. Cantik dan sejuk, itulah kesan pertama ketika kita menjejakkan kaki ke kawasan ini. Deretan pohon pinus yang berjajar rapi melilit perbukitan menjadi pemandangan utama di kawasan ini. Terletak pada ketinggian 1.210 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di Puncak Lawang sejuk khas kawasan puncak.

Puncak Lawang sebenarnya bukan destinasi wisata baru di Sumatera Barat. Puncak Lawang justru sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Konon daerah ini digunakan oleh para bangsawan Belanda sebagai tempat bersantai bersama keluarga dan kolega mereka.

Apa yang Menarik di Tempat Ini?

Satu hal yang mendorong kita untuk mengunjungi sebuah destinasi wisata adalah keunikannya. Hal-hal menarik yang jarang kita temui di tempat lain. Nah, bagaimana dengan Puncak Lawang. Hal spesial apa yang ada di sana? Keistimewaan apa yang menjadi alasan kuat mengapa orang-orang harus mengunjungi destinasi wisata ini?

Paling tidak ada 4 hal menarik yang membuat siapapun tidak akan pernah menyesal mengunjungi destinasi wisata alam satu ini:
  1. Panorama hutan pinus yang hijau, rapi, dan sejuk, view yang jarang ditemui di daerah lain.


    Gambar 2. Panorama Hutan Pinus

    Begitu memasuki area perbukitan Puncak Lawang pandangan mata kita akan dimanjakan oleh deretan pohon pinus yang berjajar rapi mengitari perut bukit. Daerah perbukitan yang rimbun dengan pepohonan ini membuat suhu udara di kawasan ini sangat sejuk. Jadi, jika berkunjung ke sini jangan lupa membawa baju hangat. Karena, begitu memasuki kawasan perbukitan ini kulit kita langsung dipeluk oleh udara sejuk khas daerah puncak.

  2. Tersedia fasilitas aneka permainan menantang adrenalin dan area hiking.


    Gambar 3. Beberapa Fasilitas Permainan yang Bisa Dinikmati

    Berkunjung ke sini di jamin tidak akan garing. Karena di Puncak Lawang kita tidak hanya sekedar menikmati keindahan panorama alam semata. Di sini juga disediakan berbagai fasilitas permainan memacu adrenalin. Di sini tersedia fasilitas permainan flying fox, jembatan ban jembatan tali, panjat tali, dan lainnya. Selain itu juga tersedia area hiking yang bisa kita coba bersama keluarga.

  3. Menikmati View panorama Danau Maninjau secara utuh


    Gambar 4. View Maninjau dari Puncak Lawang

    Menariknya lagi di puncak bukit ini kita bisa menikmati view Danau Maninjau secara utuh. Keren kan? Mengunjungi satu destinasi wisata kita bisa menikmati dua panorama wisata alam sekaligus. Pantas saja bukit ini menjadi pilihan tempat bersantai favorit bangsawan Belanda pada zaman kolonial.

  4. Menyaksikan atraksi paralayang profesional


    Gambar 5. Area Take Off Paralayang

    Jika beruntung di sini kita juga bisa menyaksikan atraksi paralayang profesional. Karena Puncak Lawang ini merupakan salah satu spot paralayang terbaik se Asia Tenggara. So, enggak rugi kan berkunjung ke destinasi wisata satu ini?

Bersambung…

Oleh: Neti Suriana
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi Gambar:
1. Koleksi pribadi penulis
2. Koleksi pribadi penulis
3. Koleksi pribadi penulis
4. Koleksi pribadi penulis
5. Koleksi pribadi penulis


Related Posts :