Selasa, 04 April 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.10]

11. Pantai Jogan

Pantai Jogan ini merupakan pantai paling istimewa yang dimiliki Yogyakarta. Kenapa disebut istimewa? Karena Pantai Jogan memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai pada umumnya, yaitu air terjun. Ya, di bibir pantai ini terdapat air terjun setinggi kurang lebih 12 meter. Air terjun dari atas tebing ini langsung mengalir ke lautan lepas. Ini adalah daya tarik pantai yang paling utama. Banyak pengunjung yang ingin menyaksikan keindahannya secara langsung.


Gambar 1. Keindahan Air Terjun Di Pantai Jogan

Pantai Jogan ini termasuk salah satu pantai baru yang belum ramai dikunjungi. Letaknya yang terpencil dan akses jalan yang hanya menggunakan cor blok memang cukup memengaruhi jumlah pengunjung. Rata-rata wisatawan lebih memilih mengunjungi Pantai Siung yang ada di sebelah Pantai Jogan untuk mengesksplor tebing yang menantang. Padahal pantai jogan ini tidak kalah indah dan istimewanya.


Gambar 2. Rappeling di Air Terjun

Untuk menikmati siraman air terjun anda harus melakukan usaha ekstra, anda harus menuruni tebing. Ada dua cara yang bisa anda lakukan, cara yang pertama ini cukup ekstrem bagi orang awam, yaitu menggunakan seutas tali untuk menuruni air terjun yang biasa disebut teknik canyoning atau rappeling di air terjun. Cara yang satu ini membutuhkan tambahan peralatan, selain itu juga sangat membutuhkan keberanian dan kemampuan yang mumpuni tentunya. Jika anda tidak memiliki keberanian untuk melakukan rappelling bisa menggunakan cara kedua. Yaitu menuruni tebing yang licin dan curam dengan bantuan kayu-kayu penopang. Untuk cara yang ini maka anda harus ekstra hati-hati, track yang harus dilalui sangat licin, gunakan kayu untuk berpegangan dengan kuat.


Gambar 3. Menuruni Tebing

Memang dibutuhkan usaha lebih untuk menikmati air terjun unik yang mengalir langsung ke laut lepas ini. Tapi dijamin usaha anda akan terbayar dengan keindahan yang didapat. Bukan hanya keindahan air terjun yang anda dapat, tapi setelah sampai di bawah anda akan menemukan ribuan bayi kepiting berwarna transparan dan kumpulan kupu-kupu indah yang berdiam diri di bebatuan karang kering. Penduduk sekitar sering menangkap bayi kepiting ini untuk dimasak, menjadi lauk pendamping makan nasi, atau dijadikan rempeyek.


Gambar 4. Menikmati Pemandangan Laut dengan Latar Air Terjun

Jika anda berminat untuk mengunjungi pantai yang terletak di wilayah Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dari pusat kota, maka waktu tempuh yang anda butuhkan kurang lebih 3 jam perjalanan. Dari pusat kota sampai pos retribusi Pantai Siung anda menempuh jalan aspal yang mulus, tapi harus tetap waspada karena jalannya naik turun dan berkelok-kelok. Tidak jauh dari pos retribusi anda akan menemukan papan penunjuk arah ke Pantai Jogan, dari situ anda akan melewati jalan cor blok yang berdampingan dengan sungai kecil. Sungai ini menjadi salah satu sumber air yang mengalir di atas tebing Pantai Jogan menjadi air terjun. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung? Semoga menikmati perjalanan anda menuju keunikan air terjun di bibir Pantai Jogan.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. https://1.bp.blogspot.com/-IdaAliZ9Ma0/WKr3ToNqg_I/AAAAAAAACJE/fWKB2zkH2nQjBHPo1g5-b6icEH83ydakACLcB/s1600/1487596760724.jpg
  2. http://www.piknikdong.com/wp-content/uploads/2016/02/menuruni-pantai-jogan.jpg
  3. https://static.initempatwisata.com/mediafiles/2015/04/Menuruni-tebing-di-Pantai-Jogan.jpg
  4. https://www.yogyes.com/en/yogyakarta-tourism-object/beach/jogan/3.jpg


Related Posts :