Senin, 06 Maret 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.9]

10. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah pantai istimewanya Yogyakarta. Kanapa disebut istimewa? Karena Pantai Nglambor ini adalah satu-satunya pantai di pesisir Yogyakarta yang bisa digunakan untuk snorkeling. Ganasnya ombak laut selatan yang terkenal itu, tidak berlaku di sini. Anda bisa menikmati indahnya terumbu karang beserta biota lautnya di Pantai Nglambor. Tetapi harus tetap waspada ya, perhatikan ombak, jangan melakukan snorkeling ketika ombak pasang dan juga jangan terlalu surut.

Anda para penikmat keindahan alam bawah laut juga harus menjaga kelestarian serta keindahan terumbu karang di dasar laut, usahakan untuk tidak merusak terumbu karang dan gunakan alat yang memadai. Jika anda tidak memiliki alat untuk snorkeling maka anda bisa menyewa, sudah ada beberapa tempat yang menyewakan peralatan snorkeling di sana. Biaya yang yang ditawarkan untuk penyewaan alat snorkeling, pemandu, dan pelampung sebesar Rp. 50.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu).


Gambar 1. Tepian Pantai Nglambor

Keindahan dan kebersihan di kawasan pantai ini sangat di jaga oleh warga sekitar. Bahkan menangkap ikan di daerah inipun dilarang. Hanya diizinkan satu kali memanen ikan dalam satu tahun. Dan alat yang digunakan untuk menangkap ikan pun sangat ramah lingkungan, yaitu jaring yang terbuat dari akar tumbuhan. Warga sekitar Pantai Nglambor juga melakukan prosesi upacara adat sedekah laut, yang biasa disebut “Ngalangi”. Dalam bahasa Indonesia berarti menghalangi. Upacara ini bermaksud untuk menghalangi hal-hal buruk yang menimpa keindahan laut di Pantai Nglambor dan warga sekitar. Salah satu upaya masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian pantai.


Gambar 2. Keindahan Pantai Nglambor Dilihat dari Ketinggian

Di pantai ini juga terdapat dua batu karang besar yang berbentuk seperti kura-kura yang menambah keindahan pemandangan. Kedua batu karang ini memiliki nama Watu Kalong dan Watu Kuntul, batu karang ini sekaligus berperan sebagai tameng, menjaga keindahan terumbu karang dari hantaman ombak besar Samudra Hindia. Dengan adanya batu karang di tengah pantai ini , air di pesisir pantai menjadi tenang, nyaman untuk berenang dan snorkeling. Bagi anda yang tidak ingin bersnorkeling ria tetap bisa menikmati keindahan terumbu karang di permukaan yang lebih dangkal kok. Air di pantai ini sangat jernih jadi anda bisa menikmati keindahan terumbu karang dan beberapa biota laut dengan mata telanjang.


Gambar 3. Snorkeling di Pantai Nglambor

Pantai yang dijuluki akuarium raksasa ini berada di wilayah Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Jika anda melakukan perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, maka jarak yang harus ditempuh kurang lebih 70 kilometer, 2 sampai 3 jam perjalanan. Untuk lebih tepatnya pantai ini berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan. Pantai Nglambor ini memang terpencil, letaknya, masih tersembunyi, tetapi justru ini menjadi nilai tambah. Keindahan dan kebersihan pantai masih sangat terjaga. Jika anda berniat untuk mengunjungi pantai ini jangan segan untuk bertanya arah kepada penduduk sekitar ya.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. http://piknikasik.com/wp-content/uploads/2015/09/snorkling-pantai-nglambor-yogya-7.jpg
  2. https://www.yogyes.com/en/yogyakarta-tourism-object/beach/nglambor/9.jpg
  3. http://pantainglambor.com/wp-content/uploads/2016/05/1454951928233.jpg


Related Posts :