Jumat, 10 Maret 2017

Menikmati Keindahan Pantai Di Kawasan Clungup, Malang

Malang merupakan daerah yang telah lama dikenal akan ragam keeksotisan alamnya. Dikelilingi oleh pegunungan-pegunungannya yang indah, Malang kian lengkap dengan serba-serbi Pantainya yang sangat alami.

Salah satu yang sedang menarik perhatian adalah kawasan Clungup. Terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kurang lebih sekitar memakan 3 jam perjalanan dari Kota Malang. Anda tidak perlu khawatir sebab sangat mudah menuju ke lokasi ini, anda tinggal mengikuti arah menuju Pantai Sendang Biru dan lalu mengikuti papan petunjuk yang ada.


Gambar 1. Kawasan Clungup

Kawasan Clungup memiliki keistimewaannya tersendiri karena terdiri dari beberapa pantai yang sangat indah dan alami. Kawasan Clungup yang masih lengang sangat cocok bagi anda yang benar-benar ingin menikmati lautan dengan cara yang natural.

Jika anda melakukan tracking anda harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 kilometer dari area parkir pengunjung. Sepanjang jalan anda akan melewati perkebunan warga kemudian anda akan melewati area hutan bakau yang terhampar tepat di bawah bukit-bukit. Setelah itu barulah anda akan sampai di Clungup, yakni sebuah muara sungai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Setelah melewati muara sungai tersebut anda akan sampai di Pantai Gatra.Pantai Gatra yang masih lengang menjadikannya sangat elok dan asri. Di area Pantai Gatra ini juga disediakan area berkemah bagi anda yang ingin lebih lama menjelajah pantai-pantai yang ada di kawasan Clungup. Pantai Gatra memiliki keindahan batu karang. Jika laut sedang surut anda dapat menyaksikan hamparan karang yang unik.


Gambar 2. Pantai Tiga Warna

Kemudian setelah melewati Pantai Gatra anda akan melewati beberapa pantai-pantai kecil yang indah. Area Pantai yang terakhir adalah Pantai Tiga Warna, yang merupakan icon dalam kawasan Clungup. Pantai Tiga Warna yang disebut-sebut sebagai Raja Ampat versi Malang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Air laut dengan 3 warna sekaligus. Hamparan Pasir Putih, air laut Biru dan Merah muda. Jika anda beruntung, pada pertengahan tahun biasanya di Pantai ini kita dapat melihat Lumba-Lumba Samudra Hindia bermigrasi secara langsung menghindari cuaca dingin dari selatan Samudra Hindia, tentu merupakan daya tarik yang luar biasa. Di Area Pantai Tiga Warna anda juga dapat melakukan Snorkeling,menikmati pemandangan bawah laut yang bersih dan indah.tidak perlu khawatir karena pihak pengelola juga telah menyediakan persewaan alat-alat snorkeling sehingga anda tidak perlu repot-repot membawanya,hanya cukup membayar Rp. 3000-Rp. 5.000 saja. Akan tetapi untuk sampai di Pantai Tiga Warna anda disarankan menggunakan jasa Tour Guide mengingat track yang akan dilewati cukup sulit, terutama setelah melewati area Pantai Gatra. Anda dapat menyewa Tour Guide pada saat memasuki kawasan Clungup ini, hanya dengan 75.000/10 orang wisatawan.

Jika anda menginginkan pemandangan laut yang menakjubkan dan tidak terlalu padat wisatawan serta bersih dari aktifitas-aktifitas wisata, maka kawasan Clungup sangat ideal untuk anda kunjungi. Terlebih harga yang bersahabat bagi seluruh kalangan masyarakat.

Oleh : Farahdiba Jane
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
1. https://2.bp.blogspot.com/9ZKhei5aBsY/VhUD1IKuLnI/AAAAAAAABsY/ksd1CguxqT0/s1600/IMG_20151007_182248.JPG
2. https://1.bp.blogspot.com/Wm7Ia99M6Vs/V5qYy92FhhI/AAAAAAAAMcg/BQZBl3-p4MYy3BU6o3db8letAsR_nFFGACLcB/s1600/pantai-3-warna-malang.jpg


Related Posts :