Senin, 20 Maret 2017

Mengunjungi Satwa Langka Di Kalimantan Timur

Salah satu binatang langka yang dimiliki di Kalimantan adalah Beruang Madu. Beruang madu bisa dikatakan binatang langka dan hampir punah. Spesies ini masuk ke daftar Red Data List dengan status Vulnerable sehingga menjadi hewan yang dilindungi.

Ciri-ciri beruang madu dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 1-1,5 meter. Berat beruang madu jantan mencapai 75 kilogram, sedangkan beruang madu betina memiliki berat yang lebih ringan. Beruang madu memiliki bulu berwarna hitam mengkilat, tanda putih kekuningan di bagian dadanya, dan kaki dengan kuku-kuku panjang dan tajam serta bentuk kaki depan menghadap ke dalam.


Gambar 1. Beruang Madu

Beruang Madu sangat menyukai daging seperti ayam dan burung. Binatang ini bisa memakan buah-buahan dan dedaunan muda seperti pucuk palem. Beruang madu sangat menyukai madu. Madu merupakan makanan favoritnya. Beruang madu sering berburu sarang madu pada malam hari.

Beruang Madu Kalimantan hidup di hutan-hutan dengan iklim tropis dan sub tropis. Hewan tersebut sangat suka memanjat dan mereka suka tinggal di atas pohon-pohon. Beruang madu menyebar di beberapa Negara Asia Timur dan Selatan seperti Brunei Darussalam, China, Indonesia. Selain itu, Beruang madu juga dapat ditemukan di beberapa Negara lain seperti Burma, Thailand, Kamboja, Vietnam, dan Laos.

Beruang madu berkembang biak dengan cara melahirkan dan mengandung selama 3,5 bulan serta menyusui selama kurang lebih 1,5 tahun. Kematangan seksual mulai tampak saat usia beruang madu dapat mencapai 25-28 tahun.

Pengunjung bisa menyaksikan beruang madu Di Kalimantan Timur. Di sana terdapat sebuah penangkaran Orangutan yang dinamakan The Borneo Orangutan Survival Beruang Madu Kalimantan Foundation disingkat BOSF setelah beberapa kali berganti nama, yaitu sebuah tempat proyek rehabilitasi Orangutan. BOSF berdiri pada tahun 1991 di Kutai Kertanegara.

BOSF memiliki luas 1800 Hektar. Di sana terdapat penangkaran orang utan dan beruang madu. Pengunjung dapat menikmati beberapa program eco wisata yang disebut Samboja Lodge” dengan misi kelestarian lingkungan. Ada beberapa paket yang ditawarkan dalam program Samboja Lodge adalah program rehabilitasi satwa, kegiatan rehabilitasi lahan kritis, kegiatan kebun organik, kegiatan pembuatan pupuk organik, dan pengamatan kehidupan liar yang ada di sekitar areal BOSF.

BOSF terdapat Di Kutai Kertanegara Kalimantan Timur tepatnya di Tepatnya di Jalan Balikpapan-Handil KM 44 Kel. Margomulyo, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Di sana terdapat sekitar 40 lebih Beruang Madu dan satwa lainnya yang bisa dijumpai.

Di tempat inilah pengunjung bisa menyaksikan langsung bagaimana kehidupan beruang-beruang kecil ini saat sedang mencari makan dan memanjat pohon. Waktu paling baik untuk berkunjung adalah pada pagi hari antara pukul 09:00-13:00 dan sore hari antara pukul 14:00-20:00. Tarif untuk masuk ke BOSF untuk Anak-anak Rp. 275.000 dan Dewasa Rp. 550.000 per orang.

Oleh: Jenny
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar:
http://4.bp.blogspot.com/-f3kUt2pWdGE/UyKoKTpvqyI/AAAAAAAAAVs/WYPCBuDY8GY/s1600/251441_488426531204976_1019742159_n.jpg


Related Posts :