Selasa, 14 Maret 2017

Indah dan Sakralnya Danau Segara Anak di Pulau Lombok

Pulau Lombok sangat terkenal dengan keindahannya. Selain Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno, Lombok juga terkenal dengan keindahan Danau Segara Anak yang berada di Puncak Gunung Rinjani, bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Saking indahnya, sineas Indonesia pernah menjadikan Danau Segara Anak sebagai latar film Romeo dan Rinjani. Menurut cerita masyarakat setempat, nama Danau Segara Anak berasal dari kata “Segara Anak” yang berarti “Anak Laut”, karena air danau berwarna kebiruan. Salah satu keunikan Danau Segara Anak adalah keberadaan Gunung Baru Jari di tengah danau.

http://www.trekkingrinjani.com/images/lake-segara-anak-rinjani.jpg
Gambar 1. Danau Segara Anak

Mitos
Di balik keindahannya, Danau Segara Anak menyimpan cerita mistis. Beberapa gua di sekitar danau memiliki mata air belerang yang sering digunakan oleh penduduk lokal untuk mencuci pusaka saat Upacara Pekelem. Salah satu gua eksotis tersebut adalah Gua Susu yang berjarak 1 kilometer dari Danau Segara Anak jika dilalui dengan trekking. Dinamakan Gua Susu karena gua ini memiliki stalaktit cantik berwarna putih susu. Menurut cerita masyarakat setempat, Gua Susu kerap dijadikan tempat persemedian. Namun jika orang jahat bersemedi di Gua Susu, ia akan meninggal seketika di dalam gua yang sangat panas itu.

https://www.thelangkahtravel.com/wp-content/uploads/2014/08/DSC_0111.jpg
Gambar 2. Upacara Mulang Pekelem

Pada waktu-waktu tertentu, orang Sasak menggelar ritual suci Wettu Telu untuk menghormati Dewi Enjeni yang menunggu kawasan Danau Segara Anak. Selain Wettu Telu, masyarakat juga kerap melepaskan emas tipis berbentuk ikan kecil ke dalam danau dan Upacara Pekelem pada Bulan Maulud. Karena itulah, selain menawarkan keindahan alam, para wisatawan juga dapat menikmati wisata religi & budaya.

Melihat Danau Segara Anak
Masyarakat setempat percaya, jika Danau Segara Anak terlihat luas, itu berarti orang yang melihatnya akan berumur panjang. Sebaliknya, jika Danau Segara Anak terlihat sempit, maka yang melihatnya akan berumur pendek. Di luar mitos ini, Danau Segara Anak seolah memperingatkan kita untuk memanfaatkan waktu secara bijaksana. Oleh karena itu, kita harus membersihkan diri dengan berjiwa tenang dan memiliki semangat baru, barulah kemudian melihat Danau Segara Anak sepuas-puasnya.

Menikmati Keindahan Danau Segara Anak
Di sekitar Danau Segara Anak, terdapat banyak sumber air panas yang diyakini mampu mengobati penyakit. Anda juga bisa bermalam dan berkemah di sekitar danau karena fasilitas air bersih tersedia di sekitar danau. Atau bisa juga memancing, mengingat di Danau Segara Anak terdapat banyak ikan.

Akses/Jalur
Ada tiga jalur yang sering digunakan para pendaki, yaitu jalur Senaru, Sembalun, dan Torean. Jalur pendakian Senaru merupakan yang paling ramai karena sering digunakan oleh masyarakat adat yang hendak menggelar ritual di Danau Segara Anak. Adapun rute yang digunakan adalah Senaru-Pelawangan Senaru-Danau Segara Anak, yang memakan waktu 10-12 jam dengan berjalan kaki.

Selanjutnya, jalur Sembalun yang selalu ramai oleh penggemar trekking. Rute yang dilalui yakni Gerbang Sembalun Lawang-Pelawangan Sembalun-Puncak Rinjani dengan waktu tempuh 9-10 jam. Dibandingkan jalur sebelumnya, jalur Sembalun tidak begitu curam. Namun karena medannya yang didominasi padang savana, anda akan dihujani terik matahari yang menyengat.

http://www.trekkingrinjani.com/rinjanitrekking/images/torean6.jpg
Gambar 3. Jalur Torean

Jalur terakhir adalah jalur Torean yang didominasi oleh perkebunan, ladang, dan padang penggembalaan. Dari Torean untuk sampai ke Danau Segara Anak membutuhkan waktu 8-9 jam dengan berjalan kaki.

Menuju Taman Nasional Gunung Rinjani
Perjalanan dimulai dari Pelabuhan Lembar di Lombok, dilanjutkan menuju Terminal Mandalika di Mataram. Setibanya di Mandalika, perjalanan dilanjutkan menuju Pasar Aikmel. Dari Aikmel, barulah anda menuju Pos Izin Pendakian di Sembalun Lawang. Di sinilah anda harus mengajukan izin terlebih dahulu sebelum melakukan trekking.

Oleh: Rahel Simbolon
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
  1. http://www.pariwisata.co/2016/07/danau-segara-anak.html
  2. https://www.twisata.com/taman-nasional-gunung-rinjani-objek-wisata-pendakian-tercantik-indonesia/
  3. http://www.radiowijayafm.com/index.php/9-news/34-jalur-resminya-gunung-rinjani-yang-sering-dilewati
Sumber Gambar:
  1. http://www.trekkingrinjani.com/images/lake-segara-anak-rinjani.jpg
  2. https://www.thelangkahtravel.com/wp-content/uploads/2014/08/DSC_0111.jpg
  3. http://www.trekkingrinjani.com/rinjanitrekking/images/torean6.jpg


Related Posts :