Rabu, 08 Februari 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.2]

2. Pantai Baron

Pantai baron ini adalah pantai yang paling terkenal dan paling ramai dikunjungi setiap harinya. Terlebih lagi jika akhir pekan, jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan yang berlipat. Pantai ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul. Letak pantai ini agak menjorok ke daratan, hampir menyerupai teluk. Ombak yang dimiliki Pantai Baron cukup besar, jadi bagi wisatawan yang ingin bermain air, berenang di tepian pantai, ada baiknya jika lebih meningkatkan kewaspadaan.


Gambar 1. Pesona Pantai Baron

Salah satu keistimewaan yang dimiliki Pantai Baron ini adalah, adanya pertemuan air laut dan air tawar. Ada si sebelah barat pantai lebih tepatnya, di sana terjadi pertemuan antara air dari aliran sungai dan air laut. Persis di pinggir tebing sebelah barat. Untuk pengunjung yang takut dengan besarnya ombak bisa bermain air di aliran sungai ini. Akan tetapi tetap harus tetap waspada, karena aliran sungai ini cukup berbahaya, permukaan terlihat tenang, akan tetapi arus di bawah lumayan deras, jangan sampai anda terseret aliran sungai ke laut.


Gambar 2. Tempat bertemunya air asin dan tawar

Pasir di Pantai Baron ini agak berbeda dengan kebanyakan pasir Pantai di Gunungkidul, di sini pasir pantainya cenderung agak hitam dan lembut, seperti pasir pantai di Pantai Parangtritis. Bagi anda yang kurang berminat untuk bermain air, cukup bersantai menikmati pemandangan birunya air laut yang seolah tak berujung dengan ditemani semilir angin laut. Anda bisa menyewa salah satu payung besar yang tersedia di tepi pantai untuk menghindari teriknya matahari.

Di tebing pantai sebelah timur terdapat tracking yang bisa anda lewati untuk menuju puncak tebing timur.Untuk menaiki tebing anda akan dimintai retribusi seikhlasnya, digunakan untuk biaya perawatan tangga. Di puncak tebing ini anda akan menemukan mercusuar yang berdiri kokoh, anda bisa masuk ke dalam mercusuar dengan membayar retribusi sebesar Rp. 5.000,00 setiap orang (harga sewaktu-waktu bisa berubah). Dari sana anda bisa menikmati pemandangan secara bebas, view sempurna memandang laut lepas. Jika anda ingin bermalam di sini, anda bisa mendirikan tenda di puncak tebing. Banyak juga pengunjung yang menaiki tebing hanya untuk sekedar berfoto, mengabadikan momen dengan background alam yang indah.


Gambar 3. Berfoto dari atas mercusuar

Sementara di tebing pantai sebelah barat anda akan menemukan sebuah tempat yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Tempat ini dikenal dengan sebutan Baron Techno Park, tempat ini sedang ramai diperbincangkan, terutama tentang jam matahari raksasanya. Suatu ide yang brilliant menikmati senja di tempat ini, keindahan yang luar biasa menakjubkan akan anda dapatkan.


Gambar 4. Jam matahari yang ada di Baron Techno Park

Selain dua tebing yang menarik tadi anda juga akan mendapati Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pantai Baron ini. Anda bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan. Bahkan banyak sekali restoran yang bersedia mengolahnya untuk anda santap bersama keluarga saat itu juga. Wisata kuliner yang cukup menggoda, jangan sampai terlewatkan.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://nginepmana.com/wp-content/uploads/2015/04/Raja-Kamar-489a-Yogyakarta-Pantai-Baron-Keindahan-di-Dekat-Gunung-Kidul-1.jpg
2. http://static.initempatwisata.com/mediafiles/2015/04/Lokasi-pertemuan-air-tawar-dan-air-laut-di-Pantai-Baron.jpg
3. http://www.imgrum.net/media/1071438694868434151_1688973950
4. https://pbs.twimg.com/media/CiVc33rVEAALZzq.jpg


Related Posts :