Selasa, 28 Februari 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.8]

9. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal ini berada di wilayah Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta, bisa anda tempuh dengan waktu 2 sampai 3 jam. Lebih tepatnya pantai ini berada di antara Pantai Indrayanti (Pulang Syawal) dan Pantai Sundak. Pantai Pok Tunggal masih tergolong pantai yang baru, karena baru mulai dibuka oleh masyarakat setempat pada tahun 2012 lalu. Walaupun baru beberapa tahun dibuka, pantai ini tidak kalah ramai dikunjungi wisatawan.


Gambar 1. Pantai Pok Tunggal dilihat dari bukit sebelah barat

Ada beberapa hal yang unik dari pantai ini, di tepi pantai ada satu pohon langka berdiri kokoh yang menjadi ikon pantai. Pohon Duras namanya, pohon ini hanya ada satu, pohon ini juga yang melatar belakangi pantai ini dinamakan Pantai Pok Tunggal. Hal lain yang khas dari pantai ini adalah adanya sumber mata air tawar bawah tanah, sumber mata air ini dimanfaatkan penduduk sekitar untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Warga sekitar sangat menjaga keberadaan pohon ini, pengunjung dilarang memanjat pohon atau merusaknya.


Gambar 2. Pohon Duras yang menjadi ikon Pantai Pok Tunggal

Keindahan lain yang dimiliki pantai ini, adalah indahnya dua tebing yang mengapit pantai. Tebing barat yang disebut Bukit Tirta Pok Tunggal Asri. Dari bukit ini anda bisa menemukan indahnya pemandangan pantai secara keseluruhan. Menaiki bukit ini tidak sulit, karena pihak pengelola sudah menyediakan tangga. Dan bukit sebelah timur, Bukit Panjong namanya. Di bukit ini anda akan menemukan primata liar, banyak sekali gerombolan monyet berkeliaran di bukit ini. Di bukit ini ada beberapa gazebo yang bisa anda sewa, bukit ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam.


Gambar 3. Sunset yang indah di Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal tergolong pantai yang landai, jadi aman untuk bermain air di tepi pantai. Kebersihan di pantai ini sangat terjaga, penduduk sekitar yang juga bertugas sebagai pengelola kawasan wisata ini menerapkan denda sebesar Rp. 10.000,00 bagi anda yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Meskipun akses jalan ke pantai ini belum begitu bagus, sejak dibuka sampai saat ini Pantai Pok Tunggal terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Jika anda berniat berkunjung, tidak perlu khawatir akan kelengkapan fasilitas yang ada di kawasan pantai, fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Mulai dari mushola, toilet, rumah makan, dan area parkir yang memadai, sudah tersedia di sini. Bagi anda yang ingin menginap juga sudah ada penginapan sederhana atau menyewa tenda dome yang disewakan pengelola.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. https://1.bp.blogspot.com/-zIXALIfvP5Y/U5E786_3apI/AAAAAAAAKyI/r84b3_DiDOo/s640/DSC_0264gjhj.jpg
  2. http://emkatour.com/wp-content/uploads/2015/11/Pantai-Pok-Tunggal-300x136.jpg
  3. http://3.bp.blogspot.com/-iJ2CT6Lpwh0/UwUF1JZXvHI/AAAAAAAABlU/IjejoWKPzFo/s1600/dsc_4824.jpg


    Related Posts :