Jumat, 24 Februari 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.7]

8. Pantai Timang

Satu lagi pantai di Gunungkidul yang sedang naik daun, yaitu Pantai Timang. Pantai yang terletak di wilayah Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ini saat ini sedang ramai diperbincangkan. Sebenarnya pantai ini belum lama dikenal orang, baru ramai diperbincangkan sekitar 3 sampai 4 tahunan yang lalu. Sampai saat ini akses ke Pantai Timang juga belum bagus, jalanan menuju pantai masih batu terjal, belum tersentuh pembangunan. Bagi anda yang menyukai tantangan, cocok sekali jika anda melakukan perjalanan ke Pantai Timang ini. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta, maka dibutuhkan waktu tempuh 2- 3 jam pejalanan. Untuk menuju pantai ini lebih disarankan menggunakan sepeda motor, ini mempermudah perjalanan anda.


Gambar 1. Keindahan Pantai Timang dengan pulau karangnya

Selain dari segi perjalanan yang menantang, di Pantai Timang ini ada gantole atau kereta gantung tradisional yang sudah dikomersialkan. Gantole ini dulu hanya digunakan warga untuk menyebrang ke Pulau Timang atau Pulau Panjang ketika akan memanen lobster. Karang panjang ini memang terkenal dengan hasil lautnya yang sangat melimpah, terutama lobsternya, lobster yang terdapat di Pulau Panjang besar-besar. Tapi saat ini anda juga bisa merasakan sensasi menaiki gantole ini dengan membayar Rp. 200.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Menaiki gantole ini dibutuhkan nyali yang super, bayangkan saja, anda sendirian menyebrang dengan ombak ganas tepat di bawah anda hanya menggunakan kereta gantung tradisional yang ditarik oleh beberapa orang.


Gambar 2. Menyeberang ke Pulau Panjang menggunakan gantole dengan ombak ganas di bawahnya

Akan tetapi justru gantole inilah yang saat ini menjadi daya tarik utama Pantai Timah. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini sebagian besar karena tertarik dengan sensasi yang diberikan si gantole ini. Mereka penasaran ingin menaiki gantole menyeberang ke Pulau Panjang. Namun bagi anda yang tidak ingin menaiki gantole ini, tenang saja, anda bisa bermain air laut di tepian pantai.

Pantai di sini hampir sama dengan penampakan rata-rata pantai di kawasan Gunungkidul. Hamparan pasir putih dan laut biru, deburan ombak yang menggulung dari kejauhan menjadi pemandangan yang utama. Terumbu karang di tepian pantai bisa anda lihat di sini, sama seperti Pantai Kukup dan Pantai Krakal. Kebersihan di pantai ini juga masih sangat terjaga, mungkin karena belum ramai dikunjungi.

Walaupun lokasi Pantai Timang sulit ditemukan, yakinlah bahwa lelah anda akan terbayar dengan apa yang tersaji di sana. Dan karena keindahan alamnya pantai ini sering dijadikan tempat shooting acara travelling. Jika anda ingin berkunjung ke Pantai Timah jangan segan-segan untuk bertanya arah kepada warga yang anda temui, karena penunjuk arak ke pantai ini masih minim sekali.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. http://www.garispantai.com/wp-content/uploads/2016/10/sebelah-timur-pantai-timang.jpg
  2. http://piknikasik.com/wp-content/uploads/2016/07/pantai-timang-gunungkidul-jogja.jpg


Related Posts :