Rabu, 22 Februari 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.6]

7. Pantai Drini

Pantai Drini ini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari,Gunungkidul. Membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk kondisi jalan menuju pantai ini sudah cukup bagus, hanya saja masih belum terlalu lebar. Dan letak pantai yang agak terpencil membuatnya tidak ramai dikunjungi. Akan tetapi sepinya pengunjung ini memberi nilai lebih tersendiri, pantai menjadi terjaga kebersihannya dan jauh dari kesan bising. Sangat cocok bagi anda yang menginginkan kesendirian, kesunyian. Indahnya pemandangan pantai dapat dan sepinya suasana juga dapat.Hal ini juga membuat pantai ini disebut Pantai Perawan.


Gambar 1. Pantai Drini yang dipisahkan pulau karang

Pantai ini dinamakan Drini karena dulu kawasan pantai dipenuhi pohon drini, tapi jika saat ini anda ke sana maka anda tidak akan menemukan pohon drini lagi, yang tersisa hanya pohon pandan laut yang berduri. Di tengah-tengah pantai ini terdapat sebuah pulau karang yang memisahkan antara bagian barat dan bagian timur. Tapi justru pulau inilah yang menjadi daya tarik pengunjung. Jika dilihat dari kejauhan pulau ini seakan mengapung, nampak cantik sekali. Jika air laut surut anda bisa menaiki anak tangga beton yang tersedia untuk mencapai pulau ini.


Gambar 2. Ganasnya ombak di sisi barat Bantai Drini

Pulau karang ini sekaligus menjadi pemisah Pantai Drini yang mempunyai dua sisi penampilan yang sangat bertolak belakang. Untuk pantai yang berada di bagian barat pulau karang terlihat sangat tidak bersahabat dengan pengunjung pantai. Ombak besar khas laut yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia terlihat menakutkan. Di sisi ini juga terlihat agak kotor, karena digunakan untuk tempat pelelangan ikan, banyak perahu nelayan tradisional yang bersandar di sana. Untuk pengunjung yang bermain air di tepian laut sisi barat ini dimohon untuk berhati-hati, karena seolah-olah laut lepas menyatu dengan bibir pantai, terlalu berbahaya.


Gambar 3. Tenangnya air laut di sisi timur Pantai Drini

Keadaan berbanding terbalik dengan pantai di sebelah timur pulau karang. Di sisi ini pantai terlihat sangat tenang, ombak nampak menggulung di kejauhan. Nampak seperti kolam renang raksasa, anda bisa bebas bermain air laut di sisi ini. Sungguh sangat indah, tepian pantai ini terdapat terumbu karang beserta biotanya yang bisa anda nikmati dengan mata telanjang. Banyak ikan kecil dan kerang yang bisa ditangkap. Di tepian pantai terdapat beberapa gazebo yang bisa anda manfaatkan untuk bersantai. Melepas penat sambil menikmati suasana pantai. Anda juga bisa memesan beberapa makanan yang tersedia di restoran sekitar pantai. Bahkan anda bisa memilih ikan segar sendiri di TPI dan meminta pihak rumah makan mengolahnya.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. https://jogjaasik.com/wp-content/uploads/2016/12/Pulau-Cantik-di-Pantai-Drini.png
  2. http://www.telusurindonesia.com/wp-content/uploads/2015/01/Pantai-Drini.jpg
  3. http://3.bp.blogspot.com/-8urdusXlljU/VZkJJ6oWWNI/AAAAAAAABMQ/O5LrZ7jbzbg/s1600/Pulau-Karang-Pantai-Drini.jpg


Related Posts :