Selasa, 21 Februari 2017

Wisata Pantai Gunungkidul Yogyakarta yang Semakin Terkenal [Part.5]

6. Pantai Indrayanti

Banyak orang yang menyebut Pantai Indrayanti ini adalah Bali-nya Gunungkidul. Yah memang suasana di Pantai Indrayanti ini sangat mirip dengan pantai yang ada di Pulau Bali. Hamparan pasir putih dan birunya laut menyatu dengan langit menjadi keunggulan di pantai ini. Dan istimewanya di pantai ini hampir tidak ada sampah yang berserakan, karena bagi pengunjung yang tertangkap membuang sampah sembarangan akan kena denda yang diberlakukan pengelola. Cara ini terbukti ampuh untuk menjaga kebersihan di lingkungan pantai.


Gambar 1. Indahnya Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti ini sebenarnya bukanlah nama yang sesungguhnya. Nama pantai yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunungkidul ini sebenarnya adalah Pantai Pulang Syawal. Akan tetapi para pengunjung dan warga sekitar lebih mengenal pantai ini sebagai Pantai Indrayanti. Nama indrayanti ini diambil dari nama sebuah kafe yang ada di sana, nama ini lebih mudah diingat. Dan sampai sekarang pantai ini lebih terkenal dengan sebutan Pantai Indrayanti.


Gambar 2. Keramaian Pantai Indrayanti

Pantai ini mulai dikenal publik karena si pemilik kafe yaitu Bapak Indra dan Ibu Yanti mengunggah foto keindahan pantai, dan semakin hari semakin banyak netizen yang terpukau dengan keindahan Indrayanti. Semakin hari pengunjung yang ingin membuktikan keindahan Pantai Indrayanti semakin ramai. Dan sudah bisa dipastikan bahwa semakin banyak juga orang yang mengunggah foto keindahan alam ini dari berbagai sudut.


Gambar 3. Gazebo yang disewakan

Saat awal pantai ini di buka sempat terjadi beberapa perdebatan antara Pemerintah Daerah, pihak Keraton Yogyakarta dan pengelola pantai. Diantaranya adalah izin pembukaan dan pengelolaan kawasan Pantai Indrayanti oleh swasta itu tidak ada, dan menamai objek wisata ini dengan nama pribadi melanggar aturan. Bahkan perdebatan ini sempat membuat Pantai Indrayanti akan ditutup oleh Pemda dan Keraton. Namun pada kenyataannya objek wisata ini tidak pernah ditutup, yang ada justru semakin ramai dikunjungi dan semakin lengkap fasilitasnya.


Gambar 4. Area bermain anak

Fasilitas di pantai ini memang sangat lengkap, dibandingkan dengan pantai yang berada di sebelah baratnya yaitu Pantai Sundak. Mulai dari penginapan, kafe, rest area, mushola dan toilet umum tersedia di sini. Selain fasilitas itu, di pantai ini juga terdapat sebuah area yang dikhususkan untuk area bermain anak. Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan laut lepas dan angin pantai bisa menyewa gazebo atau payung pantai yang disewakan pengelola. Bagi anda yang menyukai tantangan bisa bermain jetski menaklukkan ombak pantai.


Gambar 5. Jetski yang disewakan

Bermain air di tepian pantai bersama orang-orang tersayang adalah hal yang wajib anda lakukan di pantai ini. Akan tetapi disarankan untuk tidak memilih hari libur ketika berkunjung ke Pantai Indrayanti. Karena selain kawasan pantai di penuhi pengunjung, sepanjang perjalanan ke pantai juga macet. Terlepas dari itu semua, tempat ini sangat rekomended untuk dikunjungi bersama keluarga.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. https://1.bp.blogspot.com/-QtnupqxXMok/VscQXXVZ1AI/AAAAAAAAAy0/9E6dnf4ijv8/s1600/31511_T00690_otret_com_wpcontent_uploads_2012_06_MG_6100_HDR.jpg
  2. https://2.bp.blogspot.com/-kKOrdTtB3Q8/VscCMpejTqI/AAAAAAAAAwU/jDJ-auY_GgU/s1600/pantai-indrayanti-gunkid.jpg
  3. https://2.bp.blogspot.com/-yGsvRjz32f8/VscNN57MPuI/AAAAAAAAAyQ/iJExlrOiQXI/s1600/Pantai-Indrayanti-2-560x319.jpg
  4. https://2.bp.blogspot.com/-6UGTOl-DJJ0/VscFICCetcI/AAAAAAAAAxU/tYTHRvUq8I8/s1600/1345792912.jpg
  5. https://4.bp.blogspot.com/-XFFj9ZwcUyk/VscFGqsiC1I/AAAAAAAAAxM/Q8f1FNMWAPM/s1600/1345792728.jpg


Related Posts :