Kamis, 02 Februari 2017

Negeri di Atas Awan, Lolai Toraja

Satu lagi pesona keindahan alam luar biasa yang ditawarkan Indonesia. Negeri di atas awan, bak dunia dongeng. Anda serasa berdiri di atas awan, memandang hamparan awan putih. Sungguh pemandangan yang menakjubkan, dan jarang kita dapatkan. Jika anda berminat untuk melepas penat dengan hiburan alam ini anda bisa datang ke Kampung Lolai, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Kampung Lolai ini memang terdapat di pelosok, akan tetapi mudah untuk dijangkau. Listrik juga sudah mengalir sampai daerah ini. Sinyal handphone pun juga mudah untuk didapat.

Letaknya hanya sekitar 20 kilometer dari Rantepao, ibu kota Toraja Utara. Untuk menuju Kampung Lolai anda bisa menggunakan angkutan umum yang ada, biasanya warga sekitar menyebutnya dengan pete-pete. Ojek dan rental mobil juga sudah tersedia di sana. Untuk penginapan memang belum ada, tapi tidak perlu khawatir. Pengunjung bisa menyewa rumah Tongkonan milik warga setempat, atau mendirikan tenda di puncak Kampung Lolai. Untuk harga sewa rumah tidak ada patokan khusus, harga tergantung kesepakatan anda dan pemilik rumah. Kemudahan mengakses dan keindahan yang eksotis ini membuat negeri di atas awan Lolai cepat terkenal.


Gambar 1. Hamparan awan putih yang menakjubkan

Kampung Lolai berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Kampung ini terdiri dari beberapa pegunungan yang puncaknya bisa kita kunjungi. Dan ketika anda berada di puncak dari salah satu pegunungan dengan posisi awan lebih rendah dari anda, maka anda akan merasakan betapa tentramnya dikelilingi oleh awan putih. Sungguh pemandangan yang sangat mahal.


Gambar 2. Keindahan negeri di atas awan

Tempat wisata ini masih tergolong baru, karena baru diresmikan pada bulan Juli 2016 kemarin, bertepatan dengan ulang tahun Toraja Utara yang ke-8. Sebenarnya Kampung Lolai ini sudah lama ada, hanya saja tidak ada yang mengetahui. Sampai pada suatu hari di bulan April tahun 2016 dilakukan pemugaran Tongkonan. Saat dilakukan pemugaran itu ada beberapa fotografer yang mengambil gambar keadaan alam Kampung Lolai dan menguploadnya ke dunia maya. Semakin lama Kampung Lolai semakin terkenal.


Gambar 3. Rumah Tongkonan

Pada tanggal 24-28 Agustus 2016 pemerintah daerah menjadikan Kampung Lolai sebagai tuan rumah acara Toraja Explorer. Acara bertaraf internasional ini akan menampilkan olahraga paralayang, yang akan dihadiri oleh atlet paralayang nasional dan klup dari Prancis. Acara ini dimaksudkan juga untuk mempromosikan negeri di atas awan, diharapkan dengan adanya event ini akan semakin banyak orang mengenal Kampung Lolai. Dengan begitu maka akan semakin banyak wisatawan dalam negeri dan macanegara yang berkunjung. Selain menampilkan olahraga paralayang, acara Toraja Explorer juga menampilkan beberapa kegiatan dan hiburan rakyat,yang diakhiri dengan mengunjungi objek wisata di Toraja Utara.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi Tulisan:
1. http://makassar.tribunnews.com/2016/06/02/pesona-negeri-di-atas-awan-di-kampung-lolai-toraja-utara
2. http://www.rappler.com/indonesia/142162-pesona-kampung-lolai-toraja-sulawesi-selatan
Sumber gambar:
1. http://cdn2.tstatic.net/makassar/foto/bank/images/lolai-torut_20160531_100936.jpg
2. https://1.bp.blogspot.com/-UT3UPk9k0bg/V1FYJzQgIAI/AAAAAAAACZc/Z85oYE-TCxsJZ3tZr0Sz9B2BSwnYRD-tgCKgB/s1600/l02.jpg
3. https://3.bp.blogspot.com/-xD_z7pqpafw/V1FWUdfhBdI/AAAAAAAACYY/5y-_DNuCE5kXYJdmDf2pptpyKFlxoVV3wCKgB/s1600/p01.jpg


Related Posts :