Rabu, 02 November 2016

Indahnya Pesona Kawah Ijen

Berbicara tentang keindahan alam di Indonesia menjadi hal yang tak akan pernah habis untuk di bicarakan. Indonesia memiliki sejuta potensi untuk menjadi negara destinasi wisata. Keindahan pariwisata di Indonesia kerap diidentikkan dengan pulau bali. Pulau bali bahkan mendapat julukan surganya Indonesia. Jika kita amati lebih detail lagi bali bukanlah satu – satunya tempat wisata terindah di Indonesia masih banyak destinasi wisata Indonesia dengan keindahan alam yang menakjubkan diantaranya Raja Ampat, Kawah Ijen, Pantai Senggigi, Bukit Lawang, dsb.

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRn9WhG_mQGFRQ783I3D5ZGQgee7mcm3EyGlnVt8soBoUNDzySRug
Gambar 1. Indahnya pemandangan di kawah ijen.

Nah yang akan saya bahas di sini adalah Kawah Ijen. Blue fire atau kobaran api biru Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Kobaran api biru sendiri merupakan fenomena langka yang hanya ada 2 di dunia. Selain di Banyuwangi, fenomena api biru juga terdapat di Islandia. Kawah Ijen sendiri berasal dari kata “ijen” yang berarti sendiri. Berikut ini saya akan memaparkan indahnya pemandangan alam yang ada di Kawah Ijen :

  1. Sebagai kawah danau terbesar di Pulau Jawa

    Ijen merupakan kawah danau terbesar di Pulau Jawa. Kawasan yang merupakan tempat penambangan belerang tradisional ini berada di Daerah Wisata Kawah Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen. Yaitu, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, dan Kecamatan Klonag, Kabupaten Bondowoso. Kawasan ini berada sekitar 2.368 meter di atas permukaan laut di mana puncaknya merupakan rentetan gunung api di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru, dan Merapi.

  2. Merupakan tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur

    Disini kita bisa melihat para penambang belerang hilir mudik di arena bekas letusan kawah yang sebenarnya masih aktif ini.

  3. Salah satu kawah paling asam terbesar di dunia

    Kawah Ijen memiliki dinding kaldera setinggi 300 – 500 meter dan luas kawahnya mencapai 5.466 hektar. Kawah di tengah kaldera itu merupakan yang terluas di Pulau Jawa dengan ukuran 20 km. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 * 600 m. Kawah tersebut terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

  4. Blue fire yang menakjubkan

    Ada keajaiban lain yang di hadirkan di Kawah Ijen. Di bawah kawahnya berpijar api biru yang berasal dari cairan belerang yang mengalir tanpa henti untuk di keringkan oleh angin kemudian menjadi baru yang kemudian dicacah oleh para penambang.

  5. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Kawah Ijen untuk melihat api biru (blue fire), sebaiknya menyewa pemandu setempat yang berpengalaman. Mereka hafal pijakan yang aman, waktu serta lokasi terbaik untuk berfoto.

    Di tenggara kawah terdapat lapangan solfatara yang merupakan dinding danau Kawah Ijen. Di bagian barat terdapat dam Kawah Ijen yang merupakan hulu dari Kali Banyupait. Lapangan solfatara Gunung Kawah Ijen selalu melepaskan gas vulkanik dengan konsentrasi sulfur tinggi dan bau gas yang kadang menyengat

Oleh: Lintang Rahmawati

Refesensi gambar: http://www.agentwisatabromo.com/paket-wisata-midnight-ke-kawah-ijen-banyuwangi.html


Related Posts :