Selasa, 11 Oktober 2016

Menyusuri Sungai Di Kaki Gunung Merbabu

Bagi kamu yang menyukai dunia petualangan pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan petualangan menyusuri sungai. Bagi yang masih awam pasti mereka berpikir kalau Cuma menyusuri sungai apa serunya?, iya kan. Tapi kalau kamu sudah pernah ngerasain dan nyoba pasti kamu bakalan tau deh apa asyiknya menyusuri sungai. Bagi yang sudah biasa berpetualang menyusuri sungai kali ini kamu wajib tau serunya berpetualang menyusuri sungai di kaki merbabu.

Gambar 1. Gunung merbabu

Wisata ini memang hanya wisata menyusuri sungai. Sebelum memulai petualangan, yang harus kita siapkan adalah fisik yang prima. Perbekalan makanan dan minuman yang cukup. Kamu tidak perlu menggunakan carrier karena daypack saja sudah cukup. Lalu yang harus di bawa selanjutnya adalah pakaian yang nyaman untuk bergerak karena nanti kita akan melakukan gerakan exstrim seperti merangkak, memanjat tebing, dan air terjun.

Perjalanan dimulai dari basecamp rempala di Desa Ngarong, Dukuh Wonolelo, Ampel,Boyolali. Disini anda wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu. Untuk penjelajahannya kita akan didampingi seorang guide untuk satu rombongan. Disini kamu dilarang blusukan sendiri. Guide disini selain sebagai penunjuk arah, juga sebagai asisten yang bakal membantu rombongan memilih jalur yang aman dan nyaman untuk dilalui, tebing mana yang aman untuk dipasangi tali lalu dipanjat dan masih banyak lagi. Mereka adalah orang yang berpengalaman, penduduk asli desa tersebut sangat ramah dan dengan senang hati menemanimu saat berpetualang.

Di awal kita akan di ajak menyusuri sungai yang di apit oleh tebing tinggi di kanan dan di kiri jalur. Makin lama makin terjal, sesekali kamu harus merangkak menaiki batu besar yang dialiri arus sungai. Sepatu, sandal, dan celana bagian bawah mulai basah. Ketika perjalanan terhenti karena air terjun kecil, maka dengan sigap guide perjalanan kamu akan memanjat terlebih dahulu. Memasang tali webbing lalu kamu dan anggota rombongan akan memanjat satu persatu. Disini kemampuan koordinasi tangan dan kaki serta nyali benar – benar di uji. Apakah kamu punya nyali untuk berbasah –basahan menerjang air terjun sambil bergelantungan pada seutas tali dan terus naik. Setelah sampai di atas dijamin kamu akan merasa bangga dan puas. Setelah perjalanan mendaki kamu akan merasakan perjalanan yang lebih mengerikan di banding saat mendaki yaitu saat turun.

Berjalan – jalan di tempat ini sebenarnya aman jika kita berhati – hati dan menuruti apa yang di sampaikan guide kita. Yakin, yakinlah bahwa tali yang di gunakan itu kuat untuk menahan berat badan kita. Sering kali ada penjelajah yang sudah sampai di tengah perjalanan melepaskan talinya karena tidak yakin talinya mampu menahan berat tubuhnya akhirnya si penjelajah terjatuh. Di atas air terjun masih ada beberapa air tejun lagi. Tapi tenang kamu bisa memutuskan di titik mana kamu akan berhenti. Gimana tertarik untuk mencoba.

Oleh: Lintang Rahmawati

Refesensi gambar:
1. http://gratisant.blogspot.co.id/2012/02/jalur-pendakian-gn-merbabu-via-selo.html