Jumat, 09 September 2016

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Tentang Pantai Seger

Salah satu pantai di Kabupaten Lombok Tengah yang mempunyai nilai historis adalah Pantai Seger. Pantai yang berada di sebelah barat Pantai Kute tersebut terkenal dengan legenda Putri Mandalika. Putri Mandalika hanya sebuah legenda dan dapat ditemukan monumen Putri Mandalika terpasang di sana. Tepat di sebelah barat di tengah pantai ada bukit kecil. Konon katanya, bukit tersebut merupakan tempat Putri Mandalika menerjunkan diri ke laut. Putri Mandalika adalah seorang putri kerajaan yang diperebutkan oleh 4 pangeran yang dilambangkan dengan 4 bukit yang ada di sana.


Gambar 1. Monumen Putri Mandalika Di Pantai Seger

Pantai Seger memiliki pasir yang putih dan air laut yang berwarna biru membuat para wisatawan betah untuk berada di sana. Hal yang harus diketahui adalah pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam dari atas bukit. Keindahan pantai tersebut dapat disaksikan dari 4 bukit yang berdiri di pantai tersebut. Dari atas bukit dapat terlihat keindahan pemandangan dari atas Pantai Seger yang luas. Keindahan dari atas pantai itulah yang membuat pengunjung tidak melewatkan untuk berselfie ria di atas bukit tersebut.


Gambar 2. Kawasan Di Sekitar Pantai Seger

Bagi pencinta olahraga laut seperti surfing, Pantai Seger adalah tempat yang tepat. Pantai Seger yang berhadapan langsung dengan laut lepas sehingga ombaknya yang besar dicari oleh para pencinta surfing. Semakin ke tepi pantai, ombaknya tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang. Selain untuk surfing, pengunjung bisa berenang atau bermain air di sana karena sangat aman. Bukit yang menjadi tempat Putri Mandalika mengakhiri hidupnya menjadi penahan setiap kali ada ombak besar yang menghampiri Pantai Seger.

Fasilitas yang ada di Pantai Seger cukup memadai dibandingkan pantai lainnya yang ada di Lombok. Hal yang perlu diketahui adalah selain sebagai tempat wisata, Pantai Seger menyediakan sebuah resort. Luas Pantai Seger yang cukup luas membuat pemerintah setempat membangun sebuah resort supaya pengunjung bisa beristirahat di sana. Resort tersebut memiliki halaman belakang yang langsung mengarah ke Pantai Seger sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan pantai tersebut dari dalam resort.

Untuk mencapai Pantai Seger bisa melalui kawasan Novotel, Kuta. Melalui jalur tersebut pengunjung harus berhenti di atas delta karena jalur selanjutnya hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Di atas delta, pengunjung akan menemukan jembatan penghubung dan melalui jalur tersebut pengunjung bisa sampai ke kawasan Pantai Seger. Jika melalui jalur yang sering dilalui pengunjung bisa menggunakan kendaraan, tetapi jaraknya lumayan jauh. Untuk bisa sampai di bibir pantai, pengunjung harus melewati jalan memutar. Pengunjung bisa membawa kendaraannya sampai di bibir pantai dan akan menemukan dua bukit besar.

Meskipun banyak pantai di Lombok, tetapi Pantai Seger paling banyak didatangi para wisatawan. Setelah berlibur ke sana, pengunjung akan mengetahui nilai historis dari pantai tersebut bukan hanya mendengar dari ceritanya saja. Bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Pantai Lombok sebaiknya mengenal terlebih dahulu sejarahnya dari Pantai Seger yang membuat siapa saja yang berkunjung ke sana akan tertarik dengan legenda yang ada di sana.

Oleh: Jenny

Gambar:
1. http://www.mytravelling.xyz/wp-content/uploads/2015/11/cerita-puteri-mandalika-di-pantai-seger-lombok-cindiltravel-1.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-6xHu_32APR8/VD8mmKAymHI/AAAAAAAABTk/WtQPrsUOGvY/s1600/Pantai%2Bseger%2B(2).JPG


Related Posts :