Jumat, 22 Juli 2016

Info Seputar Panjat Tebing Di Gunung Hawu

Salah satu tempat rock climbing paling terkenal di Bandung adalah Gunung Hawu. Gunung Hawu terdiri dari perbukitan yang terbentuk dari batu-batu karst yang memiliki luas satu hektar. Tempat tersebut mulai terkenal sejak didatangi oleh kumpulan para pecinta olahraga extreme yang sedang mencoba outbound di Gunung Hawu. Sejak saat itu, Gunung Hawu menjadi tempat rock climbing, repelling, dan hammock yang sering didatangi para wisatawan dari dalam negeri maupun luar negri.

Salah satu kegiatan yang sangat diminati pengunjung jika berada di Gunung Hawu adalah panjat tebing. Olahraga tersebut merupakan salah satu bagian dari kegiatan alam yang tidak bisa lepas dari Gunung Hawu. Untuk bisa melakukan panjang tebing tersebut dibutuhkan beberapa peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya sekaligus bisa menikmati panorama alam dari atas puncak Gunung Hawu. Berikut ini hal-hal yang harus diketahui sebelum melakukan panjat tebing di Gunung Hawu.


Gambar 1. Pemandangan Tebing Gunung Hawu Dari Kejauhan

Sebelum melakukan panjat tebing terlebih dahulu harus menggunakan alat-alat keselamatan seperti sabuk pengaman. Untuk melakukan panjat tebing dikenakan biaya 200.000 termasuk biaya sewa peralatan untuk panjat tebing. Nantinya akan ada perkumpulan Skygers atau para pemanjat tebing professional yang membantu memberikan pengarahan tentang medan di sekitar tebing tersebut dan bagi para pemula akan diajari bagaimana melakukan panjat tebing yang benar. Panjang tebing di Gunung Hawu bermacam-macam dari 15 m, 16 m, hingga 26 m. Gradenya pun dari 5,7 sampai 5,12.


Gambar 2. Kegiatan Panjat Tebing Di Gunung Hawu

Saat melakukan panjat tebing di Gunung Hawu sangat menguras tenaga sehingga harus berhati-hati saat melakukannya. Saat menginjak kaki di tebing harus dilakukan satu persatu sesuai hanger yang dipasang pada setiap tebing. Jarak pijakan di tebing tersebut saling berjauhan jadi jika salah meletakan pijakan maka bisa terjatuh tetapi pengunjung tidak perlu khawatir karena sebelumnya telah dipasang sabuk pengaman. Setelah melewati tahap pertama, maka pengunjung bisa beristirahat sementara sambil mengumpulkan tenaga untuk melakukan panjat tebing yang lebih tinggi lagi.

Bagi para pemanjat professional bisa membuat rute baru di Gunung Hawu untuk panjat tebing. Terlebih dahulu harus menentukan bagaimana rute baru yang akan dibuat. Setelah mengetahui rute-rute yang akan dibuat kemudian bisa memasang hanger pada titik-titik rute tersebut. Setelah rute baru terbentuk, pemanjat harus menyelesaikan rute tersebut terlebih dahulu sebelum digunakan pemanjat tebing yang lain. Jika berhasil membuat rute baru di Gunung Hawu menjadi kebanggan tersendiri bagi pemanjat tebing yang berhasil membuat rute dengan nama baru.

Bagi para wisatawan atau pengunjung yang ingin mencari lokasi outbond di Bandung bisa mendatangi Gunung Hawu yang berlokasi di Kampung Cidadap, Padalarang, Bandung Barat. Sebelum melakukan kegiatan panjat tebing di Gunung Hawu ada sebaiknya mengikuti arahan yang diberikan penjaga di sana atau akan lebih baik lagi mencari tahu informasi Gunung Hawu supaya kegiatan panjat tebing di Gunung Hawu bisa lebih menyenangkan.

Oleh: Jenny

Sumber Gambar:
1. http://4.bp.blogspot.com/-TejLd3FtP4s/UPQkt70PZRI/AAAAAAAAAok/kmpFKasR3js/s1600/g-hawu.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-PnNhi_zcCIY/VWPjssD39hI/AAAAAAAAAQ0/i17iW5uC7hk/s1600/IMG_4356%2Bcopy.jpg


Related Posts :