Selasa, 03 Maret 2015

Menikmati Keindahan Pantai Jungkat Pontianak

Jika anda pergi ke kota Pontianak, tidak ada salahnya bagi anda untuk berkunjung sebentar ke pantai ini. Pantai Jungkat atau sering disebut dengan pantai Bedenyut ini berada tepat di kuala muara sungai Kapuas, Pontianak. Pantai ini dapat diakses dengan mudah dari pusat kota Pontianak yang hanya memakan waktu paling lama 30 menit. Selain itu, dalam perjalanan anda ke pantai ini, anda juga dapat melihat beberapa keindahan-keindahan alam lainnya.

Wisata

Tahukah kalian bahwa sungai Kapuas di Pontianak merupakan sungai terpanjang di Indonesia? Pantai Jungkat ini merupakan titik ujung dari sungai Kapuas tersebut. Oleh karena itu, para wisatawan jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke pantai ini.

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini adalah memancing. Mengingat bahwa pantai ini merupakan titik ujung muara sungai Kapuas, maka ikan-ikan yang ada di pantai ini kebanyakan adalah ikan air tawar, ikan air payau, bahkan ada ikan air asin. Kegiatan memancing tersebut paling tepat dilakukan ketika air sedang pasang sehingga ikan-ikan berada lebih dekat dengan tepi pantai.

Selain itu, tumbuhan-tumbuhan liar dan pohon nipah yang tumbuh subur di pantai ini juga ikut memperindah pemandangan pantai Jungkat ini. Inilah yang membuat pantai ini terlihat begitu alami. Namun, sayangnya hewan-hewan liar di pantai ini mulai berkurang sejak dibukanya pantai ini untuk umum.


Gambar 1. Jungkat Beach Pontianak

Pantai Jungkat juga memberikan fasilitas bermain berupa sebuah kolam besar yang letaknya di sekitar pantai ini. Anda dapat mengajak buah hati anda untuk refreshing sejenak di kolam ini sambil bermain bebek engkol, waterbug, ataupun bermain tabrak-tabrakan kapal. Selain itu, ada juga fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam di pantai ini.


Gambar 2. Sungai Kapuas

Dan juga jika anda ingin berkunjung ke pantai ini, jangan sampai melewatkan keindahan panorama sunset sore hari di pantai ini. Terkadang keindahan sunset ini juga diikuti dengan gerombolan burung yang beterbangan sehingga menambah kesan betapa indahnya pantai Jungkat ini.


Gambar 3. Pohon nipah

Wisata Sekitar

Dalam perjalanan anda ke pantai ini dari pusat kota Pontianak, anda akan menemukan salah satu tempat wisata lainnya di Pontianak yaitu Tugu Khatulistiwa yang merupakan simbol kota Pontianak.

Selain itu jika anda ingin menunggu panorama sunset dari pantai Jungkat ini di sore hari, tidak ada salahnya anda menunggu sambil mencicipi beberapa makanan khas Pontianak yang letaknya tidak jauh dari pantai ini. Sebut saja Pondok Pengkang yang menjual pengkang khas Pontianak.


Gambar 4. Sajian pengkang di Pondok Pengkang

Ada juga yang dinamakan Pondok Grevala yang memberikan fasilitas memancing bagi wisatawan yang datang. Ikan-ikan hasil pancingan dapat langsung dibeli dan dimasak oleh koki di pondok ini. Es kelapa muda juga turut menghiasi kuliner di pondok ini.

Oleh: Stevanus
Sumber: http://www.pasirpantai.com/kalimantan/kalimantan-barat/pantai-jungkat-kabupaten-pontianak-kalimantan-barat/
Sumber Gambar:
http://static.panoramio.com/photos/large/52559655.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-lpcFx_dq7OE/Upp8PE7uOQI/AAAAAAAAAAo/Oy7ik9OiFwE/s800/76sungai-ist.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d0/XP_Nepf_D4090.JPG
http://www.infomakan.com/wp-content/uploads/2014/08/pengkang99.jpg


Related Posts :