Senin, 02 Februari 2015

Nongkrong Di Melawai

Jika kita berada di kota Balikpapan, Pantai Melawai bisa dijadikan salah satu pilihan wisata yang menarik. Pantai Melawai atau yang sering disebut Melawai adalah pantai yang dijadikan salah satu tempat tongkrongan anak muda di Balikpapan. Biasanya pada malam minggu, banyak anak muda yang datang ke sana. Pantai Melawai ini lokasinya strategis dan berada di tengah pusat kota. Lokasinya yang strategis sehingga ada angkutan umum yang lewat.

Pantai Melawai banyak menarik minat para pengunjung karena wisata kuliner di sini sangat lengkap. Jika kita datang ke sana, kita akan melihat banyak penjual menggunakan gerobak. Mereka menjual ronde, wedang jahe, jagung bakar, hingga pecel lele yang hanya bisa didapatkan di tempat ini. Biasanya penjual tersebut baru datang sekitar sore hari dan pada malam hari baru mereka mulai berjualan. Di sini pun disediakan tempat untuk berlesehan dengan dialaskan tikar. Sambil makan, kita bisa menikmati indahnya ombak laut bersama pasangan. Di jalan raya Pantai Melawai sering dijadikan track-trackan motor oleh anak muda Balikpapan sehingga kita harus berhati-hati saat melintas.


Gambar 1. Pantai Melawai

Di Pantai Melawai ini kita dapat menemukan sebuah pulau yang tidak jauh dari pantai tersebut. Pulau tersebut disebut Pulau Babi atau lebih sering dikenal Pulau Kepala Naga, karena jika dilihat dari kejauhan pulau tersebut terlihat seperti kepala naga. Di pulau tersebut terdiri dari batu-batu karang kecokelatan yang berlapis-lapis. Biasanya di sela-sela batu karang tersebut kita akan menjumpai kepiting. Salah satu keunikan dari pulau tersebut adalah memiliki pasir yang putih dan di sana terdapat pohon dan perdu di bagian puncak. Sebenarnya di dekat Pulau Babi terdapat satu pulau lagi yaitu Pulau Tukung. Pulau Tukung kurang terkenal karena posisinya yang lebih jauh dari Pulau Babi. Jika kita berada di Pulau Babi, kita dapat melihat kapal-kapal besar karena pantai melawai tidak jauh dari Pelabuhan Semayam. Pelabuhan Semayam adalah pelabuhan di kota Balikpapan yang digunakan sebagai jalur transportasi.


Gambar 2. Pulau Babi

Biasanya di sekitar Pantai Melawai, kita dapat melihat kapal-kapal nelayan yang menepi di pinggir pantai tersebut. Biasanya para nelayan berlabuh di sekitar pantai tersebut untuk mencari ikan. Kita bisa memancing di sana karena kita bisa mendapatkan ikan tenggiri, krapu, dan bawal. Kita juga bisa memancing dari Pulau Babi karena lokasinya yang tidak terlalu jauh. Di sana kita bisa menyewa perahu motor atau speed boat untuk bepergian di sekitar pantai untuk memancing.


Gambar 3. Memancing Ikan

Pantai Melawai adalah pilihan yang tepat sebagai tempat tongkrongan yang paling asyik di kota Balikpapan. Banyak anak muda Balikpapan yang memilih nongkrong di Pantai Melawai karena suasananya yang sangat romantis. Jika ingin datang ke sana, akan lebih bagus jika datang pada malam minggu bersama pasangan.

Oleh : Jenny
Referensi:
1. http://citizendaily.net/pantai-melawai-pantai-unik-di-pusat-kota-balikpapan/
2. http://portalbalikpapan.com/menyaksikan-sunset-di-pantai-melawai/

Gambar:
1. http://1.bp.blogspot.com/-noOLjptuwoI/UyETWdW2KrI/AAAAAAAAB6Y/Q1Z7zPZoKjM/s1600/Pantai+Melawai+Kota+Balikpapan++Jl.Jend.Sudirman.JPG
2. http://www.panoramio.com/photo_explorer#view=photo&position=8&with_photo_id=55366798&order=date_desc&user=6080138
3. http://2.bp.blogspot.com/-IvX-c-W7Aok/VAGBK6lc-7I/AAAAAAAAAaU/SN1XhMT-GJk/s1600/_DSC0016.JPG


Related Posts :