Selasa, 27 Januari 2015

Danau Sentani, Primadona Di Timur Indonesia

Danau Sentani, itulah primadona wisata Tanah Papua. Di pinggirnya berdiri megah Bandara Sentani. Sebelum mendarat, anda akan melihat pemandangan indah Danau Sentani yang begitu memukau. Saat dilihat dari udara, Danau Sentani terlihat bak kolam air hijau raksasa yang dikelilingi oleh perbukitan. Jika bentuk danau pada umumnya relatif melingkar, bentuk Danau Sentani sedikit berbeda. Danau ini justru meliuk-liuk bak naga yang berkepala di ujung barat dan berekor di ujung timur. Di sisi utara Danau Sentani terdapat Pegunungan Cyclops dengan mata air yang berlimpah. Mata air inilah yang membentuk Danau Sentani.

Karena luasnya, keindahan Danau Sentani dapat dinikmati dari banyak sisi, di mana setiap sisi memperlihatkan panorama yang berbeda-beda namun sama cantiknya. Untuk menikmati panorama indah Danau Sentani, anda bisa mengunjungi beberapa titik strategis.

  1. Situs Tugu MacArthur
    Dari titik ini, pemandangan danau dapat dilihat dari atas Bukit Ifar Gunung yang berada di Kompleks Rindam XVII Cenderawasih. Sementara di bawah bukit, anda bisa menyaksikan aktivitas Bandara Sentani.


    Gambar 1. Danau Sentani

  2. Panorama pinggir danau
    Menikmati panorama Danau Sentani sambil menyantap hidangan di restoran yang berada di pinggir danau bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Ada beberapa restoran yang berada persis di pinggir Danau Sentani di antaranya Rumah Makan Dapur Papua, Restoran Yougwa, dan Restoran Aseifaa.

  3. Sisi barat danau
    Dari pertigaan ruas jalan Jayapura-Sentani, berjalanlah sepanjang 10 kilometer menuju arah Kampung Doyo Lama. Dari lokasi ini, pemandangan Danau Sentani terlihat begitu eksotis, di mana perairan danau dilatarbelakangi oleh bukit-bukit hijau muda. Lekukan permukaan bukit juga menampilkan pemandangan yang unik dan indah.

  4. Sisi timur danau
    Berjalanlah menuju Kampung Yoka. Melewati kampung tersebut, anda akan menemukan sebuah bukit yang cukup tinggi dengan pohon jambu mete. Dari titik ini, pemandangan danau dari sisi timur akan terlihat sangat jelas.

  5. Wisata air
    Selain hanya melihat, anda juga bisa mencoba berwisata air dengan menyusuri Danau Sentani menggunakan Perahu Johnson. Perahu ini merupakan jenis perahu yang ditempeli oleh motor di bagian belakangnya. Untuk memanfaatkan fasilitas wisata air, datanglah ke Restoran Yougwa yang terletak di Jl. Raya Sentani. Untuk bisa menikmatinya, anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu, karena perahu yang hendak digunakan adalah milik warga sekitar dan sehari-harinya digunakan oleh mereka.


    Gambar 2. Tarian Di Atas Perahu Dalam Festival Danau Sentani
Selain keelokannya, Danau Sentani juga terkenal dengan festivalnya. Setiap tahun, pemerintah Kabupaten Jayapura mengadakan Festival Danau Sentani dengan menampilkan atraksi budaya Papua, seperti tari penyambutan tamu, tari perang, dan tari pergaulan. Satu yang paling menarik adalah tarian di atas perahu kecil yang diiringi tetabuhan tifa. Setelah puas menikmati atraksi budaya, jangan lupa untuk membeli suvenir yang dijajakan selama FDS berlangsung seperti koteka, patung Asmat, dan lukisan kulit kayu khas Sentani. Mengunjungi Papua, belum lengkap rasanya bila belum menyaksikan pemandangan Danau Sentani dan eksotisnya Festival Danau Sentani.

Oleh : Rahel Simbolon
Referensi tulisan:
Laksmana, Yusak. 2010. Jelajah Jayapura: Eksotisme Alam Budaya Di Pintu Gerbang Papua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Referensi gambar:
1. http://www.plesir.info/wp-content/uploads/2014/12/Danau-Sentani-Godaan-Danau-Terbesar-Papua.jpg
2. https://feunekesfamily.files.wordpress.com/2011/06/dancing-guys-cropped.jpg


Related Posts :