Jumat, 31 Oktober 2014

Belitung: Jejak Laskar Pelangi

Beruntung Pulau Belitung atau Belitong yang masuk dalam provinsi Bangka – Belitung mempunyai anak bernama Andrea Hirata. Dari novelnya yang kemudian difilmkan dengan judul yang sama Laskar Pelangi, nama Belitung langsung melejit. Keindahan alamnya langsung menjadi buah bibir. Pantai pasir putih dengan sembulan bebatuan granit berukuran raksasa membuatnya semakin eksotis. Belitung adalah surga yang tersembunyi.

Ambillah maskapai penerbangan nasional yang punya rute Jakarta - Tanjung pandan (Belitung). Jika Anda tidak mau repot, rencanakan perjalanan Anda ke Belitung bersama sebuah agen perjalanan. Transportasi untuk mengelilingi objek wisata di Belitung lebih nyaman jika Anda menyewa mobil, lebih praktis.

Untuk menelusuri jejak laskar pelangi inilah tempat-tempat yang wajib Anda kunjungi.

SD Muhammadiyah Gantong

Kesuksesan film Laskar Pelangi besutan Riri Riza yang beredar tahun 2008, selain membuat nama Belitung melejit di kancah industri pariwisata, juga membawa rasa penasaran banyak orang untuk mengenal lebih dekat SD Muhammadiyah Gantong dan Ibu Muslimah. Memang yang dilihat para wisatawan hanyalah sebuah bangunan sekolah yang dibangun khusus untuk film Laskar Pelangi, bukan bangunan SD aslinya. Itu pun tak tahu kapan bangunan itu bisa bertahan dan tetap memberi kenangan. Lokasi bangunan sekolah ini di Belitung Barat.



Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam berada di pusat kota Tanjung pandan. Menjelang senja kita dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan saat Matahari kembali ke peraduannya, di mana terlihat sinarnya yang beraneka ragam.



Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar berada dekat Tanjung Kelayang, sekitar 15 menit menggunakan kapal motor. Dinamakan Pulau Batu Berlayar karena batu di sana seperti kumpulan kapal yang berlayar. Di pulau ini pasirnya sangat lembut, dan pemandangan lautnya sangat menakjubkan.



Tanjung Kelayang

Tempat ini sangat eksotis dan sering diadakan event Sail International di sini. Terletak di kecamatan Sijuk, 27 km dari Tanjungpandan, ibu kota Belitung. Pantainya berpasir putih, berair biru jernih, dan memiliki batu-batu granit berukuran raksasa yang tersembul di sana-sini. Tempat ini juga sering disebut pulau Burung, karena salah satu batu granit raksasa bentuknya seperti kepala burung. Di pantai ini Anda juga bisa bermain kano, yang disewakan pihak pengelola.



Kawah Kaolin

Penggemar fotografi jika ke sini wajib berlomba mengejar momen matahari terbit di kawah bekas tambang kaolin, di daerah Air Raya, yang luar biasa indah. Bila musim kemarau, di kawah ini muncul pulau-pulau putih, bagai pemandangan di Alaska yang bertaburan salju.



Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi terletak 70 km sebelah timur laut dari pusat kota Belitung. Inilah satu-satunya pantai di Belitung yang tidak memiliki batu granit. Di tempat ini selain ada pantai juga terdapat bukit bernama Bukit Bayu yang di lerengnya terdapat sebuah vihara.



Keindahan pantai di Belitung terutama terletak pada batu-batu granitnya. Sayangnya sekarang banyak batu-batu yang sudah diserang oleh vandalis, tangan-tangan yang rajin mencorat-coret. Pemda setempat kurang serius menangani mereka, sehingga keindahan pantai menjadi ternoda oleh ulah mereka. Marilah kita nikmati keindahan Pulau Belitung, selamat bersenang-senang.

Oleh : Bobby Prabawa
Sumber:
1. Majalah My Trip, Just Pack & Go, 75 Aktivitas Pengisi Liburan Akhir Tahun
2. SD Muhammadiyah Gantong: http://marcellaflaorenzia.blogspot.com/2011/12/belitung-negeri-laskar-pelangi.html
3. Pantai Tanjung Pendam: http://portal.bangkabaratkab.go.id/id/content/id/pantai-tanjung-pendam
4. Pulau Batu Berlayar: http://www.asherwisatabangka.com/p/pantai-pulau-batu-belayar.html
5. Tanjung Kelayang: http://iyanatravel.files.wordpress.com/2011/03/pantai-tanjung-kelayang-belitung1.jpg
6. Kawah Kaolin: http://pattythea.files.wordpress.com/2012/07/kaolin.jpg
7. Pantai Burung Mandi: http://portal.bangkabaratkab.go.id/id/content/id/pantai-burung-mandi
8. http://belitungisland.com


Related Posts :