Kamis, 13 Maret 2014

Tentang Jogja - 2 (Habis)

8. Alun-alun

Yogyakarta memiliki dua alun-alun, yakni alun-alun utara (altar) dan alun-alun kidul (alkid), tentu keduanya memiliki keterkaitan dengan kerajaan Mataram/keraton Yogyakarta. Altar adalah lapangan di bagian utara keraton atau di sepan keraton, di bagian tengah lapangan ini terdapat dua beringin yang disebut dengan Waringin Sengkeran/Ringin Kurung yang artinya beringin yang dipagari. Sedangkan Alkid berada di selatan atau di belakang keraton. Alkid terkenal dengan permainan masangin (masuk dua beringin), yaitu melewati pohon beringin kembar dengan mata ditutup, konon yang bisa melewati pohon beringin itu dengan mata tertutup adalah orang yang memiliki hati bersih. Pada malam hari suasana alkid akan semakin ramai dengan banyaknya muda mudi yang datang untuk menikmati malam di Jogja, banyak pula berjajar penjaja makanan, kita juga bisa berkeliling alun-alun dengan menggunakan odong-odong penuh lampu warna yang membuat suasana malam semakin menarik.


Odong-odong di Alkid


Beringin Kembar

9. Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang

Candi ini berada di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten. Letaknya sangat unik, karena candi ini terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi ini termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Di Candi Prambanan kita juga bisa melihat pementasan Sendratari Ramayana yang ditampilkan pada malam hari, itupun tidak setiap hari hanya ada tiap selasa, kamis, dan sabtu.

Pementasan Sendratari Ramayana



10. Situs Ratu Baka

Situs ini terletak di atas bukit di selatan Candi Prambanan, yakni di Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Kompleks Situs Ratu Baka bukan merupakan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan adanya kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung. Situs Ratu Baka ini sayang sekali terlewatkan bila kita berkunjung ke Jogja, karena selain merupakan situs bersejarah, situs Rata Baka memiliki pemandangan yang menawan karena letaknya di atas bukit, dan bila beruntung kita bisa melihat sunset yang Indah, letaknya juga tidak terlalu jauh dengan pusat kota Jogja (18km timur Jogjakarta).

 

11. Kaliurang

Bila ingin mencari suasana sejuk, tenang, dan melihat keindahan alam kita bisa mengunjungi Kaliurang. Kaliurang adalah dataran tinggi yang ada di wilayah utara Jogja, di sana kita bisa bersantai dan rekreasi baik dengan keluarga ataupun sahabat. Tidak jauh dari taman rekreasi Kaliurang terdapat Taman Wisata Plawangan Turgo, dan di sana kita bisa melihat Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air Plawangan. Selain itu, kita bisa juga melihat pemandangan Gunung Merapi, namun untuk melihat keindahan alam itu kita harus berjuang dulu untuk naik dengan tangga berundak kira-kira sejauh 900meter. Pemandangan yang jangan sampai terlewatkan saat berada di Kaliurang adalah air terjun di Tlogo Muncar. Berada di tempat sesejuk ini tentu tidak puas bila hanya seharian, untuk itu tidak perlu khawatir, karena di kawasan itu kita bisa menemukan banyak tempat penginapan dengan tarif yang terjangkau. Kaliurang ini berada di Kabupaten Sleman, yang langsung berbatasan dengan Jawa Tengah.

Tempat-tempat di atas bisa menjadi pilihan alternatif bila anda sedang berlibur di Jogja. Setelah sebelumnya kita pernah membahas wisata di Kulon Progo dan Gunungkidul, namun sebenarnya masih banyak wisata di Jogja yang bisa kita kunjungi seperti Pantai Samas, Pantai Parangtritis, Goa Selarong, Manding (Pusat Kerajinan Kulit), Taman Buah Mangunan, Makam Raja-raja (Imogiri) yang berada di Kabupaten Bantul. Jogja adalah kota yang tepat untuk berwisata, karena di kota ini kita tidak akan kehabisan tempat untuk berwisata.

Oleh: Novita Prahastiwi
Sumber: - http://id.wikipedia.org/wiki/Tugu_Yogyakarta
- http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Prambanan
- http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Ratu_Baka
Sumber Gambar:
- http://yogyatrip.com/tugu-yogya-simbol-persatuan-kawula-gusti/
- http://kampusjogja.com/koleksi-foto-tugu-jogja/
- http://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_Malioboro
- http://ranarast.wordpress.com/2013/03/08/never-lost-in-yogkayarta-3/
- http://www.yukpegi.com/indonesia/menikmati-wisata-peninggalan-belanda-di-benteng-vredeburg/
- http://yogyakarta.panduanwisata.com/hiburan/nol-kilometer-yogyakarta-tempat-favorit-berkumpulnya-wisatawan-dengan-keindahan-bangunan-tua-bersejarah/
- http://review-vacation-mahasiswa.blogspot.com/p/sebelum-saya-cerita-panjang-lebar.html
- http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?383-Kraton-Ngayogyakarta-Hadiningrat-Yogyakarta-Indonesia
- http://raisaaryasheba.blogspot.com/2011/11/water-castle-taman-sari.html
- http://kangjava.wordpress.com/2011/08/08/alun-alun-kidul/
- http://wedotku.blogspot.com/2013/09/tempat-paling-gaul-yang-wajib-anda.html#pages/2


Related Posts :