Rabu, 26 Februari 2014

Yuk, Liburan Ke Pulau Seribu - 1

Saat ini sudah hampir memasuki musim liburan panjang anak-anak. Yang paling menyenangkan di saat liburan adalah melakukan wisata. Kebanyakan orang melakukan wisata ke tempat yang belum pernah dikunjunginya. Haruskah wisata ke luar negeri? Rasanya tak perlu. Di Negeri ini cukup banyak tempat wisata yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah Pulau Seribu.

Pulau Seribu yang terdapat di Jakarta adalah salah satu tempat wisata yang jadi rujukan banyak orang. Bukan lantaran namanya yang menunjukkan bahwa pulaunya ada seribu. Penamaan pulau seribu lebih didasari karena jumlahnya cukup banyak. Bayangkan, ada 342 pulau. Selain itu, dinobatkan sebagai pulau seribu, karena gugusan pulau tepat berhadapan dengan Teluk Jakarta.

Ada Apa Saja di Pulau Seribu?

Wah, pastinya Anda dan keluarga ingin tahu apa saja yang ada di Pulau Seribu, bukan? Di Pulau Seribu, bukan saja tempat wisata saja yang ada. Tempat sejarah juga ada, termasuk di dalamnya makam habib. Bagi yang suka berziarah, ke Pulau Seribu bisa memiliki dua tujuan. Yaitu, wisata dan ziarah.

Lima lokasi sejarah yang ada di Pulau Seribu adalah:

  1. Ada makam Habib Ali yang terletak di Pulau Panggang. Habib Ali wafat pada tahun 1895.
  2. Ada juga bekas kantor Asisten Duizen Eilanden yang dibangun pada tahun 1980-an. Posisi kantor tersebut terdapat di Pulau Panggang.
  3. Ada juga makam legenda Darah Putih yang terdapat juga di Pulang Panggang.
  4. Ada makam Syarif Maulana Syarifuddin.
  5. Ada makam Sultan Mahmud Zakaria.

Sedangkan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Pulau Seribu adalah.

  1. Jika Anda memiliki hobi wisata bahari dan senang mengamati jenis-jenis satwa seperti penyu, maka penulis menyarankan Anda untuk mengunjungi Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, Pulau Kepala dan Pulau Panggang.
  2. Jika Anda memiliki hobi suka melakukan Diving di laut, plus ingin melihat bekas-bekas kapal karam, penulis menyarankan Anda untuk mengunjungi Pulau Opak dan Pulau Karang Congkak.
  3. Jika Anda memiliki hobi wisata bahari alami, artinya tidak terdapat di dalamnya pengelolaan yang dilakukan pemerintah ataupun pihak swasta, maka penulis menyarankan untuk mengunjungi Pulau Panjang, Pulau Putri, Pulau Pelangi dan Pulau Perak.
  4. Jika Anda tergolong orang yang suka snorkeling, penulis menyarankan untuk mengunjungi Pulau Semut, Pulau Karang Kroja, Pulau Kotok Besar, dan Pulau Gosong Laga.
  5. Bila Anda pencinta burung dan sangat menyukai aneka jenis suara burung, maka penulis menganjurkan untuk mengunjungi pulau kerajaan.
  6. Jika Anda ingin melihat para penderita kusta atau ingin tahu sebuah rumah sakit yang disiapkan secara khusus untuk penderita penyakit kusta, maka kunjungilah Pulau Bidadari.
  7. Jika Anda tergolong orang yang suka melihat peninggalan-peninggalan Belanda saat menjajah negeri ini, plus benteng yang memiliki air tawar yang jernih dan bersih, maka kunjungilah Pulau Kahyangan.
  8. Nah, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka kunjungilah pulau Damar. Di pulau ini juga terdapat mercusuar yang sudah cukup lama usianya. Mercusuar tersebut dibangun masa pemerintahan Hindia Belanda, tepatnya di tahun 1879.

Oleh: Rahmat Hidayat Nasution


Related Posts :