Rabu, 26 Februari 2014

Pulau Komodo: Pulau Keajaiban Dunia Milik Indonesia

Untuk saat ini, tak ada seorang pun yang tak pernah mendengar nama Pulau Komodo. Pulau ini pada tahun 2011 yang lalu ditetapkan sebagai salah keajaiban Alam Dunia. Tak tanggung-tanggung, Yusuf Kalla mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga dan memelihara Pulau Komodo yang telah mengharumkan nama Indonesia.

Kini, Pulau Komodo menjadi tempat kunjungan wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Nah, Ingin tahukah Anda sejarah awal Pulau Komodo dan bagaimana cara untuk bisa sampai ke Pulau Komodo dengan biaya murah dan wajar. Bacalah artikel ini hingga tuntas.

Profil Singkat Pulau Komodo

Secara geografis, Pulau Komodo terdapat di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Namun sejatinya, Pulau Komodo berada di perbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Yang paling populer, Pulau Komodo terdapat di Pulau Flores.

Secara administratif tercatat bahwa luas wilayah permukaan Pulau Komodo adalah 390 Km². Jumlah penduduknya saat ini lebih dari 2000 jiwa. Pulau Komodo pada dasarnya bukanlah tempat wisata. Awalnya, ia dijadikan lokasi pengasingan para narapidana. Sehingga, tak mengherankan bila penduduk asli Pulau Komodo adalah campuran antara suku bugis dengan narapidana yang diasingkan tersebut. Agama mayoritas yang dianut masyarakat Pulau Komodo adalah Islam. Sedangkan agama lain yang terdapat di pulau tersebut adalah Kristen dan Hindu.

Pada tahun 1980 barulah didirikan di Pulau Komodo ini Taman Nasional Komodo. Ide pendiriannya adalah untuk menjaga dan melindungi komodo-komodo yang ada beserta habitatnya. Memang, di Pulau Komodo inilah aslinya habitat Komodo di Indonesia. Bahkan tercatat ada 277 spesies komodo yang terdapat di Taman Nasional tersebut. Komodo-komodo tersebut adalah percampuran antara komodo Asia dengan komodo Australia.

Penting jadi pengetahuan, bahwa di dalam Taman Nasional Komodo tidak hanya dipenuhi oleh spesies komodo saja. Ada sekitar 25 hewan lainnya terdapat di dalam Taman Nasional tersebut, baik hewan darat maupun jenis-jenis unggas. Semuanya dimasukkan di dalam Taman Nasional lantaran populasi hewan-hewan selain komodo tersebut selalu terancam dengan perburuan secara liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ketika Terpilih Sebagai Keajaiban Alam Dunia

Bernard Weber, Pendiri New 7 Wonders Foundation saat melakukan pemilihan 7 keajaiban dunia menggunakan sistem global dengan mengikutsertakan masyarakat sebagai pemilih. Proses pengikutsertaan masyarakat tampak jelas dari adanya kampanye, lalu dilakukanlah sistem penyaringan ketat. Dari penyaringan tersebut terdapat 440 lokasi dari 220 negara yang diikutsertakan sebagai 7 keajaiban dunia.

Setelah itu, dilakukanlah penjaringan dan kemudian terpilih 77 lokasi yang memenuhi kriteria. Lalu dilakukan kembali penjaringan, hingga akhirnya terpilihlah 28 finalis keajaiban dunia. Salah satunya adalah Pulau Komodo. Di sinilah baru masyarakat dilibatkan untuk ikut serta memilih 7 keajaiban dunia yang memang benar-benar memiliki keistimewaan.

Setelah dilakukan poling dari hasil pilihan masyarakat, maka terpilihlah 7 keajaiban dunia.Yaitu, pulau komodo yang ada di Indonesia, Halon Bay yang terdapat di Vietnam, Amazon yang terdapat di Amerika Latin, Pulau Jeju yang terdapat di Korea Selatan, Air Terjun Iguazu yang terdapat di Amerika Latin dan Puerto Princiea Underground River yang terdapat di Filipina.

Tiga Cara ke Pulau Komodo

Nah, jika Anda ingin berkunjung ke Pulau Komodo dengan murah, maka lakukanlah hal ini.

  1. Ikut Kuis Wisata Ke Pulau Komodo
    Biasanya, menjelang liburan atau akhir tahun, selalu ada event lomba atau kuis yang hadiahnya wisata. Salah satunya adalah wisata ke pulau komodo. Untuk mencari event seperti ini, Anda bisa mencarinya melalui internet atau media massa. Memang, tidak ada jaminan bahwa setiap akhir tahun atau menjelang liburan ada. Namun, tak ada salahnya mencari tahu melalui internet, barangkali ada kuis wisata ke Pulau Komodo.
  2. Melalui Travel Wisata
    Bagi Anda yang memang menginginkan wisata ke Pulau Komodo, maka bisa memanfaatkan jasa travel wisata. Cukup banyak travel yang menawarkan perjalanan ke Pulau Komodo. Anda bisa mensearchingnya di Google. Anda tinggal memilih paket-paket yang ditawarkan.
  3. Tiket Promo Penerbangan Ada juga maskapai penerbangan yang memberikan tiket promo untuk wisata ke Pulau Komodo. Biasanya tiket ini adanya di saat liburan atau akhir tahun. Namun pemesanan tiket tidak bisa dilakukan saat Anda ingin liburan. Biasanya, pemesanan tiket murah alias promo tersebut dilakukan minimal 4 atau 3 bulan sebelum keberangkatan.

Yang paling penting, Anda mencatat tangggal keberangkatan yang sudah ditetapkan oleh maskapai penerbangan. Pasalnya, Anda tidak dapat membatalkan tiketnya atau menunda keberangkatannya. Karena itu, catat tanggal keberangkatannya.

Inilah artikel singkat tentang Pulau Komodo sebagai pulau keajaiban dunia milik Indonesia. Semoga bermanfaat.

Oleh: Rahmat Hidayat Nasution


Related Posts :