Rabu, 26 Februari 2014

Pulau Dewata Ikon Bisnis Travelling Indonesia - 2 (Habis)

Pantai Bingin sebagai salah satu wisata pantai yang belum diketahui oleh sebagian orang memiliki keindahan yang khas dan unik. Pantai ini memiliki pasir bertekstur kasar dengan hamparan karang di tepiannya. Meskipun begitu, hamparan karang ini jadi keunggulan, yakni ketika air laut surut hamparan karang ini membentuk kolam-kolam berarus tenang yang cocok untuk berenang. Selain itu, wisata pantai yang masih belum diketahui banyak orang adalah Pantai Teluk Jimbaran. Teluk Jimbaran ini memiliki 3 pantai, yakni Pantai Kedonganan, Pantai Kelan, dan Pantai Suluban. Pantai Kedonganan ini dikenal sebagai pusat seafood segar di Bali karena menawarkan berbagai macam jenis ikan segar. Sedangkan, Pantai Kelan sebagai salah satu spot terbaik melihat matahari terbenam. Adapun Pantai Suluban memiliki keunikan tersendiri karena akses menuju pantai harus melewati jalan yang berada di bawah batu karang.

Selain, objek wisata pantai ternyata Pulau Dewata juga menyajikan wisata sejarah yang tidak kalah menarik dan tentunya bermanfaat karena tempat wisata ini sebagai salah satu peninggalan zaman dahulu yang menyimpan segudang nilai-nilai sejarah salah satunya adalah wisata Istana Tampaksiring Bali. Tampaksiring ini terletak di Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Istana ini menyimpan nilai sejarah yang penuh makna.

Nama “Tampak Siring” itu sendiri memiliki sejarah, 'Tampak' yang berarti Telapak, dan 'Siring' yang berarti miring, berarti 'Tampaksiring' sendiri berarti 'Telapak Miring' yang merupakan sebuah kisah dari seorang raja yang sakti mandraguna, namun karena kesaktian nya itu, ia sombong dan ingin disembah oleh masyarakat. Lantas hal itu membuat dewa murka, dan mengirim pasukan nya untuk mengejar raja ini. Kemudian sang raja angkara murka ini pun lari ke tengah hutan (yang sekarang menjadi wisata ini), untuk menghilangkan jejaknya agar terhindar dari pasukan dewa itu, akhirnya ia memiringkan langkahnya agar tidak meninggalkan jejak. Nah, karena hal itulah tempat ini dinamakan sebagai 'Tampaksiring'.

Selain itu, Istana ini merupakan salah satu peninggalan Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno yang dibangun setelah proklamasi kemerdekaan RI. Wisata Istana Tampaksiring ini menyajikan dan menawarkan keindahan alam yang masih asri nan alami, yakni semilir udara sejuk yang kaya akan oksigen dan juga tempat pemandian yang populer di kalangan masyarakat.


Gambar 4. Istana Tampaksiring

Sederetan beberapa objek wisata Pulau Dewata tersebut dijadikan ikon wisata di Indonesia yang paling diminati dan menjadi tempat wisata populer dan favorit di kalangan wisatawan baik domestik maupun wisatawan asing yang sepanjang hari menjadi tujuan wisata utama atau travelling di Pulau Dewata. Oleh karena itu, Bali yang memiliki beraneka tempat wisata dijadikan lahan bisnis khususnya travelling. Tak heran, masyarakat berlomba-lomba untuk membuka bisnis baik ranah bisnis perhotelan hingga bisnis kuliner yang menawarkan sederetan makanan khas. Semakin banyaknya wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Dewata maka omset pendapatan daerah mampu mengangkat citra Bali sebagai ikon wisata dan sekaligus mampu mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar khususnya dan bagi Indonesia pada umumnya.

Oleh : Wantie Espe


Related Posts :