Rabu, 26 Februari 2014

Menengok Wisata Kulon Progo - 1

Kulonprogo adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Yogyakarta. Meski kabupaten ini dikatakan sebagai kabupaten terbelakang di Yogyakarta, namun kalau kita mau menengok sejenak, begitu banyak wisata alam yang dapat kita kunjungi di tempat ini.

Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru misalnya, wisata ini terletak di Perbukitan Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta, berada pada ketinggian 450m dpl. Lokasi wisata ini ialah di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 40 km (+ 1 jam perjalanan) atau hanya berjarak 10 km dari Kota Wates, Ibukota Kabupaten Kulonprogo.

Wisata Alam ini dibangun atas inisiatif masyarakat di sekitar hutan Negara yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan lestari. Pengembangan wisata alam ini tidak lepas dari proses panjang upaya masyarakat di sekitar hutan dalam memulihkan keadaan hutan yang dulunya tandus dan gersang.

Salah satu daya tarik kawasan wisata alam ini adalah bentang alamnya yang merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Keelokan alam ini semakin menarik ketika dipadukan dengan suasana masyarakat Desa yang ramah, santun, yang masih kental dengan rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan, yang juga masih mempertahankan beraneka ragam seni budaya tradisional.

Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan Kalibiru antara lain: Outbound Training, Wisata Pedesaan, Wisata Budaya, Wisata Pendidikan, Wisata Keluarga, Wisata Terapi, Down Hill, bagi yang suka dengan tentangan bisa juga Off-Road dan Wisata Trekking.



Wisata berikutnya ialah Wisata Grojogan Watu Jonggol, letaknya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh (42km dari Yogyakarta). Grojogan Watu Jonggol berada di ketinggian 900m dpl, yang terletak di pegunungan Menoreh di dalam kawasan Desa Wisata Nglinggo.  Grojogan ini memiliki ketinggian sekitar 60m.  Selain Grojogan Watu Jonggol di kawasan ini juga terdapat dua air terjun lagi yaitu Kedung Cumpleng dan yang satunya biasa disebut Curug Nglinggo. Untuk menuju ke lokasi ke dua air terjun ini cukup sulit di mana harus melewati jalan setapak dan menuruni lembah yang dalam.  Hanya ke lokasi Grojogan Watu Jonggol saja yang mudah di akses karena sudah dibuatkan jalan setapak. Wisata yang letaknya juga ada di dekat grojogan ini adalah Wisata Perkebunan Teh Nglinggo.

Ini adalah beberapa foto dari Grojogan Watu Jonggol :



Nah..., wisata berikutnya ialah Pantai. Pantai-pantai di Kulonprogo ini memiliki pasir hitam dan karena tidak terhalang oleh gunung seperti pantai-pantai di Gunungkidul kita bisa menikmati sunset dan sunrise sambil duduk di tepi-tepi pantai. Pantai di Kulonprogo antaranya:

a. Pantai Glagah

Pantai Glagah berada kira-kira 10km dari Kota Wates. Pantai ini merupakan pantai dengan hamparan pasir yang luas dan akan semakin indah saat sunrise ataupun sunset. Di Pantai Glagah ini juga terdapat pemecah ombak yang jarang kita temui di Pantai-Pantai lain, dan ini menambah daya tarik Pantai Glagah tentunya. Selain itu terdapat kawasan gumuk pasir dengan rumput grinting dan laguna glagah untuk berperahu wisata, olahraga kano, kayak ataupun berenang. Selain itu juga ada agrowisata buah naga, melon, semangka dan cabai yang dikelola oleh masyarakat.

Kawasan Glagah juga sering dipakai untuk event rutin motocross, festival layang-layang di bulan juli, dan pesta kembang api tahun baru. Pantai Glagah menjadi muara Sungai Serang yang sekaligus pintu masuk ke Pelabuhan Ikan Tanjung Adi Karta. Sisi barat sungai serang menjadi camping ground dan dermaga wisata.



Oleh: Novita Prahastiwi
Referensi:
http://thearoengbinangproject.com/wisata/wisata-kulon-progo/
https://sites.google.com/site/wisataairterjun/daerah-istimewa-yogjakarta/grojogan-watu-jonggol---kulon-progo
http://kalibiru.blogspot.com/


Related Posts :